32.9 C
Jakarta

PDM Lahat Gelar Pengurusan Jenazah

Baca Juga:

LAHAT, MENARA62.COM — Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Lahat Sumsel, menggelar Pelatihan Pengurusan Jenazah dalam rangka Milad ke-109 H Muhammadiyah dan ke-104 H Aisyiyah di Lahat, Sumatra Selatan, Sabtu (8/12/2018).

Arsyad Zubir, S.Pd. M.M., menjelaskan, kegiatan ini berlangsung di Masjid Raya Muhammadiyah Lahat pada Sabtu dan dihadiri oleh beberapa pengurus PDM Kabupaten Lahat antara lain Ketua, yaitu H. Khaidir Rusmi, S.Pd. M.Si. Tak hanya itu, Ketua Masjid Raya Muhammadiyah, H. Mutaqin, M.Si., turut hadir pada acara tersebut, juga peserta pelatihan PCM, Ortom, dan simpatisan Muhammadiyah Lahat.

Khaidir membuka acara pelatihan tersebut dan mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan itu. Pelatihan tersebut merupakan agenda akhir tahun dan bersaaam dengan momentum hari jadi ke-109 H Muhammadiyah dan ke-104 H Aisyiyah. “Semua peserta dan simpatisan Muhammadiyah agar dapat hadir pada acara yang akan digelar setelah pelatihan, yaitu Tablig Akbar Milad pada tanggal 15 Desember 2018,” ujarnya.

Khadir berharap kepada peserta agar dapat mengikuti sampai selesai karena berguna bagi keluarga maupun nantinya ke persyarikatan. “Untuk dibagaikan Ilmu yang sudah didapat ke cabang dan ranting Muhammadiyah ketika pulang pelatihan nantinya,” lanjutnya.

Harudin, menyampaikan materi tentang pengurusan Jenazah pada umumnya, “Di kalangan masyarakat yang kita perhatikan jikalau ada salah satu keluarga atau tetengaya ada yang meninggal untuk pelaksanaan mengurusi jenazah masih banyak yang takut. Padahal sudah ditetunkan bersegeralah untuk mengurusi agar yang meninggal akan mendapatkan pertolongan sesuai tuntutan Rasulullah,” katanya.

Sedangkan H. Mutaqin menjelaskan “Tahapan-tahapan cara mengurus jenazah sesuai ajaran Rasulullah sudah disiapkan sebelum pelaksanaan pelatihan berlangsung secara administrasi terinci yang ada di tarjih Muhammadiyah,” ujarnya.

H. Dalidjo mempraktikkan cara mengafani jenazah mulai dari memotong kain kafan dan persiapan sampai akhir membungkus jenazah, “Berharap setelah selesai mengikuti pelatihan ini semua peserta akan bisa terjun langsung dan tidak perlu takut lagi untuk mengurusi jenazah jikalau ada keluarga dan tetangga meninggal,” katanya.

Rizal, Sekretaris PDM Lahat menutup acara sekaligus memberikan kata sambutannya, “Sangat mendukung sekali acara pelatihan jenazah ini karena sangat membantu kenerja Majlis Tabligh PDM, berharap semua bisa mengaplikasikannya sesuai dengan materi yang dapat,” tutupnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!