23.9 C
Jakarta

Tak Perlu Takut, Tes Swab Cuma Geli dan Sedikit Nyeri!

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Bagaimana rasanya menjalani tes swab? Bertanyalah pada Rayhan Ananda Musthafa, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia mengikuti tes swab Covid-19 di Komplek Solange Cirendeu Raya, pada Rabu (16/09/2020) siang.

Kepada menara62.com, Rayhan mengaku meski sudah sering mendengar tes swab, tak urung saat akan menjalani tes untuk mendeteksi virus corona tersebut sempat deg-degan.

“Rasa ketakutan dan kekhawatiran ini wajar saja. Karena tidak semua orang siap menjalani tes modal swab (usap),” katanya.

Rayhan mengaku membayangkan ada alat kecil (semacam cotton bud tapi lebih panjang) masuk masuk kedalam hidung dan tenggorokan saja sudah menakutkan. Tetapi, setelah menjalaninya ternyata tes swab tidak semengerikan yang dibayangkan. “Pengalaman yang mendebarkan,” tukasnya.

Malah, lanjut Rayhan, alih-alih sakit, tetapi justeru merasakan geli, nyeri sedikit dan ingin bersin. Ia juga mengaku, sempat reflek mengeluarkan air mata saat alat swab masuk kehidungnya. Setelah melakukan tes merasa lega dan rasa penasaran hilang.

“Sekarang tinggal deg-degan menunggu hasil tes swab, semoga hasilnya negatif,” harapnya.

Tes swab dilakukan oleh petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD).

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!