33.4 C
Jakarta

PP Muhammadiyah, Panitia Pelaksana, Panitia Penerima Muktamar, Panitia World Peace Forum Gelar Rakornis

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Steering Committe (SC), Panitia Pelaksana, Panitia Penerima, Panitia World Peace Forum (WPF) menggelar rapat koordinasi teknis menyangkut persiapan pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, Kamis (22/9).

Hadir dalam Rakornis ini adalah beberapa Pengurus Pusat Muhammadiyah yaitu Sekretaris Umum Prof Dr H Abdul Mu‘ti, M.Ed, Sekretaris , Dr H Agung Danarto, M.Ag, Prof Dadang Kahmad.

Juga hadir Ketua dan Sekretaris Panitia Pusat Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, Marpuji Ali dan Muhammad Nurul Yamin.

Beberapa anggota Tim Asistensi Panitia Pusat juga datang seperti Herman Dodik Isdarmadi, Iwan Setiawan dan Budi Nugroho.

Panitia Pemilihan Muktamar serta Panitia Pusat Muktamar ‘Aisyiyah serta Panitia World Peace Forum (WPF) juga hadir dalam rakornis yang digelar di Ruang Seminar BPH UMS di lantai 6 Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Hadir pula ketua, wakil ketua, sekretaris Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, Prof Sofyan Anif, Prof Bambang Sumardjoko, dan Bambang Sukoco.

Rakornis ini juga diikuti Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, DR. Hj Siti Noorjannah Djohantini, serta beberapa Tim Asistensi dan Panitia Penerima Muktamar secara daring.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu‘ti menerangkan, rapat marathon yang berlangung dari pukul 13.30 hingga 17.30 ini melibatkan Steering Committe, Panitia Pelaksana, Panitia Penerima, Panitia World Peace Forum (WPF).

“Mematangkan hal-hal sifatnya teknis menyangkut pelaksanaan muktamar terutama kepesertaan World Peace Forum (WPF) dan peninjau luar negeri,” kata Abdul Mu‘ti usai rakornis.

Hal lain yang dibahas dalam rakornis adalah persiapan pembukaan oleh Presiden dan rangkaian acara pembukaan serta persiapan-persiapan teknis menyangkut akomodasi dan hal-hal lain terkait pelaksanaan muktamar supaya berjalan tertib dan lancar.

Kemudian juga membahas sistem pemilihan dan tahun ini pemilihan pimpinan diselenggarakan dengan E-votting. “Kita pastikan bisa berjalan dengan baik secara luber jurdil sekaligus juga menggambarkan kemajuan Muhammadiyah dalam berbagai bidang termasuk dalam penggunaan teknologi,”ujar Mu‘ti.

“Dan beberapa hal teknis lain terkait rangkaian acara pra muktamar yang menjadi bagian dari publikasi dan syiar muktamar yang diselenggarakan tidak hanya panitia penerima di Solo tapi juga di wilayah, daerah dan amal usaha Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah.

Menurut Abdul Mu‘lti, beberapa hal teknis yang disepakati dalam rakornis antara lain susunan acara di pembukaan dan hal-hal teknis lain terkait syiar muktamar, persidangan dan penyelenggaraan muktamar termasuk kegiatan muktamar bersih, muktamar yang bisa jadi uswah atau teladan bagi organisasi lainnya.

Sementara itu, beberapa hal lain yang harus mendapatkan up date perkembangan baru adalah terkait peserta dari luar negeri yang nanti hadir di World Peace Forum dan pembukaan muktamar.

“Karena di World Peace Forum direncanakan akan hadir Perdana Menteri Malaysia, Presiden Kazakhstan kemudian Grand Mufti Al Azhar yang terkait dengan kepesertaan yang lain dari luar negeri yang sekarang masih dalam proses konfirmasi,” kata Abdul Mu‘ti.

Persiapan World Peace Forum secara umum, menurut Abdul Mu‘ti, proses korespondensi dengan peserta sudah dilakukan tinggal menunggu kepastian  keberangkatan.

“Dan berbagai hal yang nanti bisa kita siapkan termasuk rencana summit begitu ya tentang Muhammadiyah di rangkaian World Peace Forum yang nanti digelar di Hotel Sunan dan ada beberapa acara yang diselenggarakan di Kraton Kasunanan Surakarta,” kata Abdul Mu‘ti.

“World Peace Forum ini side event muktamar, in conjunction dengan muktamar, jadi WPR dulu setelah selesai, kemudian sambung tanwir sambung muktamar tapi tidak seluruh peserta WPR ikut pembukaan muktamar karena sangat panjang ya mudah-mudahan sih mereka ini bisa hadir di pembukaan,” ujar Abdul Mu‘ti.*

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!