25.5 C
Jakarta

Alhamdulillah, Bantuan Tahap Awal dari Muhammadiyah Telah Tiba di Turki

Baca Juga:

 

JAKARTA, MENARA62.COM – Jumlah korban jiwa dan terluka parah akibat gempa berkekuatan M 7,8 di Turki dan sekitarnya terus meningkat. Banyak di antaranya yang masih belum ditemukan akibat tertimbun bangunan yang rata dengan tanah. Kepedihan pun semakin bertambah dengan kondisi musim dingin yang berada pada puncaknya.

Direktur Pendayagunaan dan Pendistribusian Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Upik Rahmawati pada Kamis (09/02) menyatakan bahwa bantuan tahap awal Muhammadiyah telah dikirimkan melalui Lazismu kepada Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turki. Bantuan yang diberikan berupa Familiy Kit dan paket sembako serta disesuaikan dengan keadaan di sana mengingat situasi musim dingin yang sedang mencapai puncaknya. Tim relawan juga akan mendapatkan dukungan dari Lazismu.

“Alhamdulillah Lazismu PP Muhammadiyah telah mengirimkan dana yang akan diperuntukkan untuk Family Kit. Kita juga memberikan bantuan operasional tim atau relawan yang bertugas di sana,” jelas Upik.

Terkait bantuan Family Kit, Upik kemudian merincikan. “Untuk paket family kit yang di dalamnya ada kaos kaki, sarung tangan, baju tebal, celana, pakaian dalam, pembalut, sepatu bot, kerudung, sikat gigi, paket sembako, dan lain-lain. Jadi kita menyediakan Family Kit dan paket sembako,” ujarnya.

Upik menambahkan, Lazismu juga akan mendukung keberangkatan EMT International Muhammadiyah. “Saat ini Muhammadiyah juga diminta oleh Pemerintah RI berkontribusi untuk mengirimkan tenaga medis melalui EMT. Kita mengirimkan EMT yang didukung oleh Lazismu untuk berangkat ke Turki,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Layanan (KL) Lazismu PCIM Turki, Ahmad Dhiyaul Haq yang berada di lokasi menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan pendataan. Koordinasi pun terus dilakukan bersama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki untuk menghindari tumpang tindih penyaluran bantuan. “Jadi kita tetap koordinasi dengan PPI Turki biar bantuan ke WNI (Warga Negara Indonesia) tidak ‘double’. Di antaranya yang akan kami siapkan untuk kebutuhan WNI pelajar perempuan dan saat ini sudah ada amil Lazismu sedang mendata di lokasi pengungsian dan siap untuk disalurkan,” jelasnya.

Bantuan tahap awal ini rencananya akan didistribusikan ke Karahmanmaraş, Gaziantep yang terdampak gempa cukup parah. Selain itu, Lazismu PP Muhammadiyah juga telah mengirimkan 20 pcs rompi Lazismu serta 20 pcs kaos Muhammadiyah Aid dan bendera Lazismu untuk penguatan ‘branding’. Bantuan ini dikirimkan melalui salah satu pengurus PCIM Turki yang akan kembali ke Turki untuk melanjutkan pendidikannya.

Mari salurkan infak terbaik untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Turki melalui:

BSI 9153 944 400
BCA 8780 171 171
Mandiri 1230 099 008 999
Muamalat 3250 191 211
Mega Syariah 1000 014 800

Rekening atas nama Lazis Muhammadiyah, sertakan Kode Unik “010” pada 3 digit terakhir nominal infak, misal Rp. 50.010,-. Konfirmasi dapat malalui SMS/Whatsapp ke nomor 0856 1626 222.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah]
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!