30.2 C
Jakarta

Banjir Landa Sejumlah Kecamatan di Kebumen

Baca Juga:

KEBUMEN, MENARA62.COM – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dilanda banjir akibat hujan yang turun terus menerus sejak Selasa sore (15/1). Banjir bahkan sudah menggenangi area sekitar Tugu Lawet di jantung Kota Kebumen sejak Rabu pagi.

Selain di kecamatan Kebumen, banjir juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Pejagoan, Karanganyar, Alian dan Adimulyo.  Ketinggian air bervariasi mulai dari semata kaki hingga lebih dari 1 m00 cm.

Akibat banjir, sejumlah wilayah mengalami longsor. Bahkan ribuan hektar sawah yang baru habis masa tanam terendam air banjir.

Beberapa ruas jalan termasuk jalan utama terendam banjir. Meski demikian, masih bisa dilalui arus kendaraan.

Bencana banjir tersebut juga mengakibatkan tanggul jebol di desa Wanareja, kecamatan Karanganyar yang menyebabkan tujuh rumah terdampak banjir.

Muhyidin, Kepala bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen mengatakan sejauh ini banjir belum banyak menggenangi rumah warga.

“Sebagian besar banjir menggenangi area persawahan,” katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (16/1).

Di Desa Tanjung Seto kecamatan Sempor hujan deras mengakibatkan tanah longsor. Dalam insiden tersebut satu rumah terdampak tanah longsor.

Kemudian longsor juga ditemukan di Desa Wanakrama, kecamatan Alian. Akibat tanah longsor, akses jalan menuju Wadaslintang terputus dan kini sedang dioperasikan alat berat untuk menyingkirkan tanah longsoran.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!