31.6 C
Jakarta

Bupati Lahat Berikan Bantuan Bibit Penghijauan

Baca Juga:

LAHAT,MENARA62.COM—Bupati Lahat H. Saifudin Aswari Rivai, SE bersama Kodim 0405, Koramil Kota Lahat membagikan ribuan bibit pohon buah nangka sayur kepada warga masyarakat yang berada di kawasan Satuan Pemukiman (SP) 6, Kelurahan Sari Bungamas, Kecamatan Kota Lahat, kemarin. Bupati yang akrab disapa Kak Wari ini menargetkan untuk mencetak satu kawasan sentra penghasil nangka sayur yang akan mensejahterakan kehidupan petani.

Kak Wari mengaku sudah terbiasa membagi-bagikan bibit pohon kepada masyarakat, selain untuk penghijauan, bila ada manfaat secara ekonomi, tentunya akan lebih baik. “Percayalah, bila bantuan bibit ini ditanam, dipelihara dengan baik maka akan menghasilkan manfaat. Nangka sayur sendiri, walaupun harga jualnya tak begitu tinggi, namun tetap bisa dijual. Daerah ini pun bisa hijau, dan teduh oleh pepohonan,” kata Kak Wari kepada Menara62.

Danramil Kota Lahat Kapten Inf Agus Salim yang menjadi ketua pelaksana mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk penghijauan. Awalnya dari permintaan warga setempat yang berkeinginan menghijaukan daerahnya sambil menuai manfaat ekonomis, yakni menanam bibit pohon buah nangka.

“Untuk itu, kami memfasilitasi ke Pemkab Lahat, yang kemudian mendapatkan respons positif Bapak Bupati untuk memberikan bantuan bibit-bibit pohon buah nangka sayur ini,” kata Agus.

Pola yang diterapkan, setiap warga yang memang berminat untuk menanam bibit pohon agar dapat segera mempersiapkan lokasi tanamnya terlebih dahulu, barulah bantuan bibit diberikan.

“Untuk hari ini, merupakan tahap pertama dalam pembagian bibit nangka, di dua RT di kawasan Sari Bungamas. Ke depan, bukan tak mungkin akan dilanjutkan kembali pembagian bibit serupa, sehingga wilayah ini bisa disebut sebagai sentra nangka sayur bagi Lahat,” kata Agus.

-Prima Ramadhan-

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!