29.3 C
Jakarta

Dalam Rangka Mencapai World Class University, UMS Adakan FGD Kehumasan

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Biro Kerjasama Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka membahas hubungan masyarakat (Humas) dan hubungan media (Humed) UMS dalam rangka mencapai World Class University (WCU) pada hari Selasa (8/03/2022) yang bertempat di Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah.

Arahan Rektor UMS, Prof. Sofyan Anif, M.Si dalam kegiatan FGD ini memberikan respon positif terhadap kegiatan Focus Group Discussion, karena kegiatan seperti rapat kerja ini kurang efektif sehingga masing-masing unit dapat melakukan kegiatan semacam FGD atau workshop.

“Saya melihat berbagai pengalaman yang saya alami, ketika berkunjung di universitas luar negeri. Kehumasan menjadi pintu utama, bahkan sebuah perguruan tinggi mendapatkan pengakuan, kepercayaan dan faktor utamanya adalah humas,” ujar Sofyan Anif, Rektor UMS.

Ia juga menyampaikan, selain pemeringkatan institusi UMS sudah mendapatkan predikat unggul, disusul dengan 31 program studi dengan predikat unggul berarti 65% program studi di UMS sudah terakreditasi unggul, sehingga hal ini juga harus didukung oleh kehumasan dan media.

“Humas harus berbasis IT, sehingga dalam pengelolaannya menggunakan sistem berbasis IT, dan terus dilakukan pengelolaan yang baik,” papar Sofyan.

Rektor UMS berharap, FGD dapat merubah paradigma, dan transformasi pengelolaan kehumasan. Mulai dari pengelolaan yang manual ke berbasis IT, sehingga semua unit dapat terintegrasi dengan humas. Capaian kinerja yang jelas menjadi bagian terpenting dari kemajuan UMS.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Kerjasama Urusan Internasional BKUI), Waluyo Adi Siswanto, Ph.D mengucapkan terima kasih kepada narasumber yaitu Dr.Dedddy Whinata Kardiyanto S.Or., M.Pd (Kepala UPT Humas dan Media UNS), Hijriyah Oktaviani S.IP. M.M (Kepala Biro Humas dan Protokol UMY), dan Ade Ismail Ramadhan Hamid, M.Pd (Kepala Humas UMKT) yang akan memantik FGD pada kegiatan ini.

“Tiga pembahasan dalam FGD kali ini akan membahas mengenai peran dan ruang lingkup Humas dan hubungan media, manajemen humas dan sumber daya manusia dalam bidang kehumasan, dan peran humas dalam branding, marketing, dan promotion,” kata Kepala BKUI UMS itu.

Ia berharap, humas akan menjadi unit yang memiliki karakteristik tersendiri dan mudah-mudahan apa yang di usahakan dengan gerakan ini mendapat ridho Allah SWT, sehingga humas dan humed dapat membantu UMS dalam mencapai world class university. (Fik)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!