33.5 C
Jakarta

Deteksi Covid-19, Sebaiknya Pakai Rapid Test atau Test Swab?

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Untuk mengetahui apakah seseorang terkena Covid-19 atau tidak, bisa digunakan dengan dua jenis tes. Yakni rapid test atau tes cepat dan test swab. Lantas apa beda dua jenis tes tersebut?

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan rapid test adalah jenis pemeriksaan Covid-19 dengan cara mengambil sampel darah untuk mengukur kondisi antibodi di tubuh peserta tes.

“Dengan cara seperti ini, kita akan mengetahui reaksi tubuh peserta tes untuk melawan virus,” kata Wiku, di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rabu (15/4/2020).

Tes kedua adalah apa yang dikenal sebagai RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction), yang dapat memberikan hasil lebih akurat. Pada masyarakat umum, tes ini lebih populer dengan nama test swab.

RTPCR mengambil cairan tubuh yang paling banyak mengandung virus. Tes ini dilakukan dengan menggunakan alat usap melalui hidung. Selain dari hidung, sampel cairan tubuh untuk tes ini dapat juga diambil dari dahak.

“Pentingnya melakukan tes swab atau RTPCR disebabkan mungkin saja seseorang dinyatakan negatif COVID-19 saat dilakukan rapid test karena daya tahan tubuhnya sedang bagus, namun saat dilakukan tes swab baru diketahui tubuhnya telah terinfeksi virus corona,” jelas Wiku.

Ia mengingatkan bahwa hal terpenting pada penanganan wabah Covid-19 adalah bagaimana memutus mata rantai penularan Covid-19. Beberapa cara yang direkomendasikan adalah menggunakan masker, sering cuci tangan dengan sabun dan tetap menjaga jarak.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!