32.1 C
Jakarta

Di Bawah Hujan Deras, Kepala BPSDMP Lantik Pilot Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

Baca Juga:

BANYUWANGI, MENARA62.COM — Hujan deras yang mengiringi Upacara Pelantikan Perwira Penerbang Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi, dan dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 tidak menghentikan dan mengurangi kehikmadtan uoacara wisuda yabg dipimpin Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Sugihardjo mewisuda 32 orang perwira penerbang program non diploma angkatan XVI, XVII, XVIII dan XIX Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi (10/10/2020).
Saat memberikan sambutannya, Sugihardjo yang juga diguyur hujan mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pada salah satu sekolah penerbangan di lingkungan Kementerian Perhubungan, kepada para keluarga wisudawan Kepala BPSDMP juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada API Banyuwangi untuk mendidik putra dan putrinya.
“Semoga keberhasilan dan kebahagiaan yang meliputi suasana pelantikan kali ini menjadi pendorong semangat para perwira muda ini dalam mengemban tugas dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat seiring dengan tuntutan pengembangan kebutuhan masyarakat di sektor transportasi udara,” ungkap Sugihardjo.
Dalam sambutannya Sugihardjo menyampaikan bahwa Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi memiliki lines dan rating standar kemampuan dibidang penerbangan yang diakui dunia internasional dalam ICAO, IATA, dan lainnya.
Selanjutnya, Sugihardjo mengajak para wisudawan untuk senantiasa mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, menumbuhkan sikap profesional dan senantiasa menerapkan 4C yakni Critical Thinking, Creative Thingking, Collaboration, dan Comunicattion sehingga dapat berkiprah dan bersaing secara kompetitif di dunia transportasi global.
Selain kompetensi dalam bidang penerbangan, Sugihardjo juga senantiasa mendorong para wisudawan agar meningkatkan knowledge dan attidute sebagai kompetensi dasar yang dimiliki setiap individu.
“Karena karakter atau softskill yang terwujud dalam bentuk attitude, bagaimana saudara punya sikap disiplin, menghargai waktu, menghargai senior, dan menghargai pekerjaan, merupakan sikap-sikap dasar yang dituntut dalam dunia kerja, dan diatas sikap itu semua, tentu ketaqwaan kepada Tuhan yang diwujudkan dengan kejujuran,” tambah Sugihardjo.
Seperti disampaikan pada kuliah umum satu hari sebelumnya (9/10/2020) yang merupakan rangkaian upacara wisuda, Sugihardjo menyampaikan terdapat perbedaan lulusan yang berasal dari pendidikan vokasi dengan lulusan dari pendidikan akademik, lulusan pendidikan vokasi mampu mengerjakan apa yang menjadi kebutuhan industri.
“Pendidikan Vokasi proses pendidikan dengan pendekatan terapan dan berbasis kebutuhan industri, hal tersebut mengajarkan how to know and how to do hal ini yang menjadikan peningkatan kualitas SDM di Indonesia,” ungkap sugihardjo.
Sementara Direktur API Banyuwangi, Genny Luhung Prasojo saat meberikan laporan menyampaikan bahwa Wisuda kali ini diikuti sebanyak 32 Perwira Program Studi Non Diploma Penerbang Angkatan XVI sebanyak 3 orang, Angkatan XVII Sebanyak 11 Orang, Angkatan XVIII sebanyak 11 orang, Angkatan XIX sebanyak 16 orang dan Perwira Program Studi CPL-IR from PPL dan Multi engine rating sebanyak 1 orang.
Dalam kesempatan yang sama pula API Banyuwangi melakukan kerja sama dengan penandatangan Memorandum OF Understanding (MoU)antara Citilink Indonesia, PT. Wirasada Sapanta, Asia One Air, Garuda Maintenance Facility dan Universitas PGRI Banyuwangi. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!