26.7 C
Jakarta

DPRD Sleman Berharap 2022 Jadi Tahun Kebangkitan UMKM Pasca Pandemi

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Rapat Kerja Komisi B DPRD Kabupaten Sleman bersama Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yang dipimpin Ketua Komisi B, Nurhidayat, A.Md membahas evaluasi program tahun 2021 dan program kegiatan tahun 2022, Selasa (18/01/2022). Rapat kerja tersebut dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UKM Kabupaten Sleman beserta jajarannya hadir pada rapat kerja di Ruang Komisi B DPRD Sleman.

Ketua Komisi B mengatakan “Saat ini kita harus membangkitkan roda perekonomian usaha kecil menengah (UKM) setelah beberapa waktu lalu terdampak karena pandemi Covid-19.”

Kepada Menara2.com, ia memandang perlunya pendampingan terhadap UKM di Kabupaten Sleman sebagai upaya memajukan dan meningkatkan ekonomi dikalangan pelaku UKM.

Haris Martapa, SE, MT, Kepala Dinas Koperasi, UKM saat menyampaikan evaluasi program tahun 2021, mengatakan bahwa pendampingan modal UKM terjadi peningkatan dan wirausaha baru terealisasi 80%. Untuk program tahun 2022 akan menyusun roadmap perkembangan UKM dan beberapa hal yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan antara lain penyesuaian regulasi, pengembangan satu data UMKM, pengembangan Sleman Mart, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Perda pemberdayaan UKM lanjutnya, perlu segera direvisi supaya sinkron dengan UU Cipta Kerja yang sangat mendukung UKM dan koperasi. Satu data UKM mulai dikembangkan di tingkat pusat, Kabupaten Sleman sudah setipe dengan data di DIY. Hal ini dimaksudkan agar data tidak diinput berulang-ulang.

“Potensi Sleman Mart bisa dikembangkan, misalnya dalam penyediaan konsumsi di lingkungan Pemda dengan menggandeng UKM yang tergabung dalam koperasi melalui Forkom UKM di 17 Kapanewon,” katanya.

Sedangkan untuk PLUT tahun 2022 mengarah ke wilayah Sleman Barat untuk mengimbangi pertumbuhan ekonomi yang lebih condong ke wilayah timur dan tengah.

Rapat kerja Komisi B DPRD Sleman dengan Dinas Koperasi dan UMKM

Komisi B berharap, Dinas Koperasi, UKM Sleman sebagai mitra kerja selalu berupaya dengan maksimal dalam mengembangkan dan mendukung UKM agar bisa berjalan dengan baik dan membantu memasarkan produk UKM secara online sesuai standar PIRT dan BPOM. Tahun 2022 diharapkan menjadi tahun kebangkitan UKM di Kabupaten Sleman.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!