32 C
Jakarta

Eko Muh Widodo Ketua Komisariat IV APTISI VI

Baca Juga:

MAGELANG, MENARA62.COM — Ir Eko Muh Widodo MT, Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang ditetapkan sebagai Ketua Komisariat IV Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah VI Jawa Tengah periode 2016-2020. Pada periode sebelumnya Eko menjabat sebagai Sekretaris Komisariat IV Aptisi VI Jawa Tengah.

Eko Muh Widodo ditetapkan sebagai Ketua Komisariat IV APTISI VI pada Musyawarah Komisariat (Muskom) IV APTISI Wilayah VI di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Rektorat UM Magelang, Rabu (25/1/2017). Muskom dihadiri Ketua Aptisi VI Jawa Tengah Prof Dr HS Brodjo Sudjono, sekretaris APTISI VI Prof Dr Y Sutomo dan 12 wakil PTS di wilayah Karisidenan Kedu.

Dalam arahannya, Prof Brodjo menyampaikan menjadi pimpinan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan tugas mulia dan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. “Saat ini APTISI mempunyai tugas utama untuk meniadakan stigma bahwa PTS adalah pendidikan tinggi kelas dua serta memperjuangkan agar regulasi yang diterapkan pemerintah terhadap PTS harus ada equal justice dengan PTN,” kata Brojo.

Selain itu, Brodjo mengatakan APTISI Wilayah VI Jawa Tengah saat ini merupakan APTISI terbaik se-Indonesia. “Berkaitan dengan itu, tanggal 6 Februari mendatang kita akan menerima kunjungan dari APTISI IX Makassar yang akan melakukan studi banding. Kita patut berbangga dengan prestasi ini,” ujar Brodjo yang disambut tepuk tangan dari para peserta Muskom.

Sedang Sekretaris APTISI VI, Prof Dr Y Sutomo yang memimpin musyawarah mengatakan ada tiga agenda yang dilakukan APTISI VI. Pertama, pendampingan terhadapat tiga PTS di APTISI VI yang terakreditasi A. Kedua, pengaturan tentang Jabatan Akademik dan Fungsional (Jafa) dosen. Ketiga, pangkalan data pendidikan tinggi (Dikti).

Ia menghimbau kepada PTS khususnya di wilayah komisariat IV untuk gencar melakukan kerjasama dengan luar negeri. Hal ini sangat penting karena kerjasama tersebut akan berpengaruh terhadap akreditasi institusi.

Sementara Eko Muh Widodo dalam sambutan perdananya, mengatakan berencana menggelar pertemuan setiap tiga bulan sekali untuk mengkomunikasikan berbagai permasalahan maupun isu yang perlu dibahas. “Tiga bulan sekali kita akan melakukan koordinasi dengan tempat yang digilir di wilayah Purworejo dan sekitarnya, Wonosobo dan sekitarnya, serta Magelang dan sekitarnya,” kata Eko yang sebelumnya menjabat Sekretaris Komisariat IV Wilayah VI.

Eko berharap Komisariat IV dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong kemajuan bersama PTS yang berada di wilayah Kedu. Karena pertemuan tiga bulan sekali ini menjadi wadah mengungkapkan permasalahan dan pemecahannya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!