28.8 C
Jakarta

Hadapi Kemajuan Teknologi, SMA Muhammadiyah PK Selenggarakan Seminar Parenting

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Menghadapi perkembangan dan kemajuan ilmu teknologi yang sangat pesat, SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyelenggarakan Seminar Parenting kelas 11 bertajuk “Ngobrol Pintar Literasi” (Ngopi), dengan tema Assessment dan Literasi Digital, Sabtu (30/10/2021).

Ngopi ini merupakan program parents day yang diprakasai oleh komite kelas dalam hal ini perwakilan orang tua/wali siswa kelas XI SMA Muhmmadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Agenda Ngopi dengan materi Assessment dan Literasi Digital diselenggarakan dengan tujuan memperkuat kecakapan siswa di abad 21 sekaligus memberikan informasi kepada orang tua tentang pentingnya peran orang tua di era digital saat ini.

Upik Mairina dalam sambutanya mengatakan bahwa literasi digital sangat penting, mengingat ilmu pengetahuan dan perkembangan ilmu teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. “ Dengan adanya Acara Ngopi ini, diharapkan siswa akan memperoleh wawasan dalam berpikir, belajar, serta memiliki keterampilan yang inovatif,” ujar Upik.

“Kami juga berharap siswa SMA Muhammadiyah program Khusus kottabarat dapat menjadi generasi milenial yang dapat memanfaatkan teknologi secera efektif, efisien, sehingga dapat menggunakan teknologi digital untuk memperoleh informasi yang berguna,” tambahnya.

Bapak Mulyoto selaku ketua komite kelas 11 dalam sambutannya  menyampaikan harapannya bahwa kemampuan literasi yang dimiliki peserta didik dapat berkembang, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Program “Ngopi” menghadirkan narasumber dosen PBSI UMS yaitu Gallant Karunia Assidik, M.Pd. Ada beberapa poin penting yang disampaikan pembicara terkait materi literasi digital, yaitu mengenai banyak manfaat dan kemudahan yang diperoleh dari literasi digital, cara menggunakan internet yang sehat untuk mendukung pembelajaran, siswa juga diharapkan memiliki etika yang baik dalam menggunakan internet.

Kegiatan NGOPI yang diikuti oleh guru, siswa, dan orang tua/ wali siswa kelas 11 berjalan dengan lancar dan penuh antusias.  Gallant menutup kegiatan Ngobrol Pintar Literasi Digital dengan memberikan beberapa pesan kepada peserta bahwa kita harus selektif dalam menggunakan internet dalam hal ini jangan mudah termakan berita palsu atau hoax. Selain itu beliau juga berpesan untuk tidak sembarangan memberikan data pribadi di dunia digital khususnya media sosial.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!