28.3 C
Jakarta

Haedar Nashir : “IKA UMS Harus Jadi Pelopor Risalah Islam Berkemajuan”

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan agenda pelantikan pengurus baru IKA UMS. Kegiatan berlangsung, Jum’at malam (30/12) secara daring melalui Zoom Meeting dengan mengusung tema “Reconnect, Share, Together

Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si melantik pengurus baru IKA UMS untuk periode Masa Bakti Tahun 2022-2025. Ketua Umum terpilih Dr., Aditya Warman, S.Psi., MBA., secara resmi menggantikan Ketua Periode 2017-2022 Prof., Ir., Sarjito, M.T., Ph.D., IPM.

“Komponen alumni itu menjadi sebuah ekosistem yang lebih besar dari bagian UMS ini, sehingga harus kita perkuat,” kata Prof Sofyan Anif.

Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si melantik pengurus baru IKA UMS untuk periode Masa Bakti Tahun 2022-2025. Kegiatan berlangsung, Jum’at malam (30/12) secara daring melalui Zoom Meeting dengan mengusung tema “Reconnect, Share, Together”

Selain memperbesar jaringan, lanjutnya, komponen alumni juga diharapkan akan menjadi sosok yang ‘wise people‘ dan mampu menjadi penggerak dalam peradaban yang lebih maju.

“Semua alumni UMS tentu akan mampu menjadi pelaku-pelaku utama dalam perubahan, baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional, yang kita sebutkan sebagai ‘wise people‘, yang tentu ini jadi penggerak perubahan itu,” ujar Rektor UMS itu.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof., Dr., K.H., Haedar Nashir, M.Si berharap IKA UMS akan menjadi pelopor risalah Islam Berkemajuan, seperti dalam salah satu putusan Muktamar Muhammadiyah ke-48.

“IKA UMS harus jadi pelopor Islam Berkemajuan, dimulai dari kampus tercinta ini mengintegrasikan keislaman dan keilmuan ke tingkat tertinggi. Maka lulusannya pun jangan ketinggalan zaman, jangan sampai menjadi Ashabul Kahfi dalam arti lain,” terang Prof Haedar.

Haedar Nashir juga menaruh harapan kepada alumni UMS untuk dapat mengubah potensi laten menjadi potensi manifest melalui keunggulan-keunggulan para alumni.

Aditya Warman sebagai Ketua Umum IKA UMS mengatakan alumni harus berpegang pada 3 hal, yaitu ‘mindset‘, ‘skillset‘, dan ‘toolset.’

“UMS hari ini mempunyai skillset yang tidak bisa diremehkan oleh siapapun juga. Smart people diciptakan dari kampus apapun juga, tapi UMS mempunyai satu kemampuan membangun karakter yang tidak bisa lepas dari peradaban future leader di masa depan,” tegas Ketua Umum IKA UMS itu.

Aditya juga menyampaikan sekarang ini banyak kampus berhasil menciptakan smart people tetapi sedikit wise people.

“Banyak kampus bisa menciptakan smart people tapi seringkali gagal menciptakan wise people,” tambahnya.

Aditya Warman juga menyampaikan rapat kerja nasional akan segera diselenggarakan, yaitu pada Februari 2023 di Sentul, Jakarta. (Maysali)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!