32.2 C
Jakarta

Haedar Nashir: Kedaulatan dan Keadilan Sosial untuk Menegakkan Indonesia

Baca Juga:

AMBON, MENARA62.COM—Ketua Umum Pimpinan PUsat Muhammadiyah Haedar Nashir mengingatkan, kedaulatan dan keadilan sosial itu amat penting untuk menegakkan negara.

“Jenderal Sudirman, tokoh Muhammadiyah telah berpesan. Bagi Sudirman, tidak boleh sejengkal tanahpun yang boleh dikuasai asing,” ujar Haedar dalam sambutan pembukaan tanwir Muhammadiyah di Ambon, Jumat (24/2/2017).

Haedar juga mengingatkan, Deklarasi Juanda tahun 1957, telah menjadi titik tolak kedaulatan maritim dan menyatukan Indonesia menjadi  satu kesatuan dari kepulauan Indonesia. Inilah yang pada deklarasi PBB 1982, Indonesia yang utuh sebagai satu kepulauan yang menyatukan laut dan daratan mendapat pengakuan.

“Anggota dan pengurus Muhammadiyah, bangsa Indonesia harus belajar berkomitmen,  serius sejarah bangsa, dan memegang tanggung jawab untuk pertahankan kedaulatan Indonesia,” ujar Haedar yang mengingatkan juga, bahwa Jika ada sejengkal tanah air, pulau, atau kekayaan berharga Indonesia yang dikuasai asing, maknanya luruhnya kedaulatan.

“Ini menjadi kewajiban bagi seluruh komponen bangsa,” ujarnya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!