33.9 C
Jakarta

Hizbul Wathan Kota Surakarta Gelar Latihan Gabungan

Baca Juga:

SURAKARTA, MENAR62.COM — Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Tingkat Pengenal Kota Surakarta, menyelenggarakan kegiatan Latihan Gabungan Pengenal ke-7 pada Sabtu hingga Ahad (16-17) Desember 2017 di Kampung Karet, Karanganyar.

Ramanda Joko Riyanto saat menyampaikan materi.

Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 100 Pandu Hizbul Wathan Pengenal dari 10 Qobilah SMP/Mts Muhammadiyah di Kota Surakarta.

Toto Cahyo Purniawan, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Latihan Gabungan Pengenal Hizbul Wathan Kota Surakarta menjelaskan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk menyongsong kegiatan pengenal berprestasi tingkat nasional. Kegiatan itu insyaallah akan diselenggarakan pada tahun 2018. Selain itu juga merupakan kegiatan rutin tahunan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pengenal Kota Surakarta.

“Untuk menyongsong kegiatan pengenal berprestasi tingkat nasional tahun 2018 dan merupakan kegiatan rutin tahunan Kepanduan Hizbul Wathan Pengenal Kota Surakarta,” jelasnya kepada media di sela-sela acara.

Rangkaian latihan ini diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah (KaKwarda) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Surakarta, Ramanda Yatimun. Dalam sambutannya ia berpesan, peserta untuk mengutamakan ibadah shalat dalam segala kegiatan Hizbul Wathan dan selalu menjaga kebersihan. Selalu melaksanakan Undang-Undang HW. Meskipun banyak kegiatan atau sibuk, tetapi bisa membagi waktu untuk aktif di Hizbul Wathan.

Ramanda Joko Riyanto, pimpinan Kwartir Wilayah Jawa Tengah juga menyampaikan materi pelatihan bertema kepemimpinan. Terlihat antusias dari para peserta mengikuti materi tersebut.

Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan beragam materi-materi  materi kepanduan seperti materi problem solving, kedisiplinan, P2HW ( Pertolongan Pertama Hizbul Wathan) materi peta pita, peta panorama, dan peta lapangan, pentas seni, sholat laillPelatihan Baris Berbaris (PBB),, dan tadabbur alam. Selain itu, peserta juga memperoleh materi bertema budidaya karet dari PTPN 9.

Harapan kedepan, disampaikan Toto Cahyo Purniawan bahwa semoga kegiatan pelatihan Hizbul Wathan Pengenal bisa tetap rutin di laksanakan setiap tahun dan bisa membentuk karakter kepanduan Hizbul Wathan yang tangguh dan berkarakter.

materi semaphore

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!