25.4 C
Jakarta

Inilah Juara Lomba Mural di UMS

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Setelah diselenggarakan selama dua hari, Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengumumkan para pemenang dari lomba mural yang diselenggarakan pada 18 dan 19 Maret 2023.
Dalam acara pengumuman lomba mural, Selasa (22/3), PIC perlombaan mural Dr., Mahasri Shobahiya, M.Ag melaporkan bahwa pendaftaran lomba mural itu telah dibuka sejak bulan Januari-Maret. Jumlah pendaftar pun, di luar ekspektasi panitia.
Selama proses pendaftaran tersebut, berhasil menghadirkan 37 pendaftar, dan setelah melalui proses penilaian, menghasilkan 22 sketsa terbaik yang rencananya akan dicatatkan sebagai Hak Kekakayaan Intelektual (HAKI).
Mahasri Shobahiya juga menuturkan, saat proses sketsa dan melukis, beberapa tim mengalami kendala karena adanya hujan yang deras. Namun peserta tetap antusias menyelesaikan lomba.
“Di hari pertama sebetulnya itu sudah ada yang selesai di hari Sabtu itu. Jadi ada beberapa karya yang sudah selesai. Namun qadarullah setelah selesai itu terus turun hujan, hujannya cukup deras sehingga ada beberapa yang kemudian agak meleleh karena belum sempat kering. Namun mereka peserta kembali membenahi hasil karyanya. Awalnya kami sempat pesimis, ternyata jumlah pesertanya melebihi harapan kami,” tutur Mahasri.
Wakil Rektor III UMS Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D dan panitia bersama para juara lomba mural
Wakil Rektor III UMS Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D. juga menyatakan bahwa tantangan dalam kompetisi adalah waktu, seperti yang terjadi pada lomba mural ini yaitu diuji oleh hujan.
Ihwan Susila menyampaikan melalui mural ini, pesan-pesan kebaikan akan selalu hadir di UMS.
“Hari ini ada sesuatu yang kita berikan kepada masyarakat terutama di UMS ini dengan sebuah edukasi, sebuah pendidikan melalui karya seni,” ungkapnya.
“Dan ini adalah salah satu dari sekian banyak cara kita berdakwah menebar kebaikan melalui karya,” lanjut Ihwan.
Wakil Rektor III UMS itu juga menghimbau agar setelah mendapatkan HAKI, para peserta dapat menyebarkan karya mereka di media. Menurutnya, melalui karya mereka, karya seni tersebut dapar memotivasi orang lain.
Pada perlombaan mural yang digelar oleh Biro Kemahasiswaan UMS ini, terpilih Alaiky Uswatul Ulya dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai juara 1 kategori individu atau tim dengan lukisannya bertema ayat-ayat kauniyah. Juara 2 oleh tim Fauzan Khusnazilan Haris dengan tema spirit belajar, dan juara 3 oleh Muhammad Haikal Zaki dengan tema spirit belajar.
Selain itu, Fakultas Farmasi mendapatkan juara sebagai peserta terbaik kategori Pesan Institusi, Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai peserta terbaik kategori Inspirasi Unit, dan Fakultas Teknik sebagai peserta terbaik kategori Green Campus. (Maysali)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!