32.7 C
Jakarta

Kampanye Ayo Hargai, Kemendag Buka Akses Pasar dan Promosi Gim Lokal

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Bertepatan dengan Hari Gim Indonesia, 8.8, Kementerian Perdagangan bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Hukum dan HAM, dan KPAI, menyelenggarakan kegiatan AYO HARGAI a) di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Indonesia menempati peringkat ke-16 untuk pasar game dunia. Industri gim adalah salah satu sektor industri kreatif yang memiliki potensi ekonomi yang besar sekaligus memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia dan global. Pasar gim global akan terus tumbuh secara signifikan. Pada 2023 pasar gim global sudah mencapai 228 miliar USD, dan tahun ini diproyeksikan dapat menyentuh pendapatan sebesar USD 367 miliar.

”Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional (Perpres 19/2024), amanat yang diberikan kepada Kemendag adalah mendorong Peningkatan Promosi dan Pembukaan Akses Pasar Gim Nasional melalui dua kegiatan, yaitu penyediaan captive market bagi produk gim nasional dan sinergi promosi dengan niaga elektronik (e-commerce) Indonesia.” ujar Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Rifan Ardianto di Jakarta (8/8/2024).

Pada kampanye AYO HARGAI 2024, telah terpilih delapan gim lokal karya developer lokal yang akan dibantu untuk dipromosikan agar masyarakat mengenal dan memainkan gim lokal.  Adapun delapan game yang diberi apresiasi dan dukungan promosi adalah sebagai berikut: (1) Paw Rumble (Nuon Games), (2) Lokapala (Anantarupa Studios), (3) Epic Conquest (Gaco Games), (4) Marbel TK Paud (Educa Studio), (5) Selera Nusantara (Gambir Game Studio), (6) Warteg Gelora (MEGAXUS), (7) Dadoo (Algorocks), dan (8) Where is My Cat (SLAB Games).

Rifan menambahkan bahwa kedelapan Gim Lokal ini akan dibantu promosinya melalui berbagai channel seperti platform e-commerce, jaringan ritel modern, serta platform penyedia layanan distribusi digital. Selain itu, Kementerian Perdagangan akan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan event-event yang dapat membantu mempromosikan Gim Lokal.

”Kami mengapresiasi sebesar-besarnya atas dukungan dari semua pihak khususnya platform e-commerce, jaringan ritel modern, serta platform penyedia layanan distribusi digital yang membantu mempromosikan Gim Lokal” tambah Rifan

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan, lewat kegiatan AYO HARGAI 2024 ini berharap menjadi momentum untuk mendorong pangsa pasar gim lokal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Perpres Nomor 19/2024 diharapkan dapat menjadi akselerasi bagi pengembangan industri gim di Indonesia. Dengan begitu, dalam jangka panjang dapat mendorong industri gim untuk menguasai pasar domestik, sekaligus meningkatkan jumlah pelaku industri kreatif di subsektor pengembang permainan yang menembus pasar global.

Setidaknya, ada delapan poin utama yang diupayakan bagi pelaku subsektor pengembang permainan. Mulai dari pengembangan riset, pengembangan pendidikan, fasilitas pendanaan dan pembiayaan, penyediaan infrastruktur, pengembangan sistem pemasaran, pemberian intensif, fasilitas kekayaan intelektual, serta perlindungan hasil kreativitas.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim dalam rilis pers Kementrian Perdagangan RI menyatakan bahwa kampanye ini adalah gerakan yang mengarah ke pemaksimalan pemanfaatan ekosistem industri game lokal sehingga bisa menjadi pangsa pasar yang ideal bagi para developer game lokal. Ayo Dukung, Mainkan dan Hargai Gim Lokal.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

Terbaru!