28.8 C
Jakarta

Kebakaran Hutan dan Lahan di Sabang Belum Bisa Dipadamkan

Baca Juga:

SABANG, MENARA62.COM — Kebakaran hutan dan lahan di Sabang belum bisa dipadamkan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sabang menyatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di dua lokasi berbeda belum bisa dipadamkan.

“Ada dua lokasi hutan terbakar, pertama di Paya Seunara dan Ujung Murong, Iboih,” kata Tim BPBD Sabang, Rizal di Sabang, Rabu (15/8/2018), seperti dilansir¬†Antara.

“Yang di ujung Murong sudah bisa dipadamkan, dan sampai Selasa (15/8/2018) malam sekitar pukul 22.00 WIB, di Paya Seunara apinya belum padam karena lokasinya terjal,” ujar Rizal.

Para pihak di Kota Sabang pun, kata Rizal, responsif dan menurunkan personilnya beserta fasilitas pendukung lainnya serta mobil pemadam untuk memadamkan api di lokasi kebakaran.

“Syukur Alhamdulillah semua responsif dan terjalin kerja sama yang baik untuk satu misi memadamkan api agar kebakaran hutan tidak meluas,” ujar Rizal

Kasi Darurat BPBD Sabang Budi menyampaikan, sekitar satu hektare hutan terbakar di Jurong Kampung Dalam, Gampong (desa) Paya Seunara, Sabang, Rabu (15/8/2018) malam.

“Ada sekitar satu hektare terbakar, dan sumber api belum diketahui dari mana,” kata Budi.

Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu, hampir setengah hektare hutan di kawasan pegunungan Gampong Keneukai, Kecamatan Sukajaya, terbakar dan pihak bertanggung jawab belum mengungkapkan penyebab kebakaran hutan tersebut sampai sekarang.

Kota Sabang  memiliki kawasan hutan lindung cukup luas dan masih terjaga dari aktivitas Karhutla. Kondisi ini didukung oleh adanya kearifan lokal masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan pembakaran hutan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!