33.4 C
Jakarta

Kenang Puncak Pertemuan Rahasia Gerakan Bawah Tanah Perang Kemerdekaan RI, Gugus Kebangsaan Provinsi Bali Ziarah ke TMP Kreta Kirttya Mandala Gianyar

Baca Juga:

 

GIANYAR, MENARA62.COM – Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, menyelenggarakan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kreta Kirttya Mandala Gianyar. Kegiatan ini merupakan rangkaian mengenang Puncak Pertemuan Rahasia Gerakan Bawah Tanah Perang Kemerdekaan RI di Bali ke-76 (16 Agustus) HUT Ke- 59 Menwa Ugrasena (29 September), Jumat (8/9).

Pada kesempatan tersebut, Kasmen Korps Menwa Ugracena Bali, Mumtazah Mardliyah,S.Ked memimpin penghormatan kepada para pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta, peletakan rangkaian bunga, doa untuk arwah dan diakhiri penghormatan akhir kepada arwah pahlawan.

Peletakan rangkaian bunga juga dilakukan oleh Sekretaris Gugus Kebangsaan Provinsi Bali, Bagus Ngurah Rai, S.H.,MBA.,MM yang juga Ketua Harian Monumen Perjuangan Bangsal (MPB) selaku pimpinan rombongan; Ketua Korps Menwa Indonesia Kabupaten Badung, I Putu Krisna Adigunartha, S.H.,MKn; Kapenum Korps Menwa Ugracena, Krisna Andika; Pengurus Menwa Yon A-901/Mayurajana Universitas Udayana, I Gusti Ngurah Yuwanda; Pengurus Menwa Sat D-910/Ciung Wanara Stispol Wirabhakti, Agustinus Wungo.

“Kita sebagai warga negara yang baik patut bersyukur sudah tidak berjuang untuk memperebutkan kemerdekaan melainkan tinggal mengisi kemerdekaan sesuai dengan nilai – nilai kebangsaan yang tak terlepas dari NKRI sebagai harga mati,” ungkap Ketua Korps Menwa Kabupaten Badung, Krisna Adigunartha.

Bangsa yang besar adalah yang selalu menghargai dan mengenang jasa para pahlawannya. “Kita sebagai penerus bangsa tidak boleh sedikitpun melupakan jasa-jasa beliau dan harus melanjutkan perjuangan mereka dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa,”ucap Mumtazah.

Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga, dan secara khusus rombongan  memberikan penghormatan kepada pejuang kemerdekaan, Made Sanggra yang juga sastrawan kelahiran Sukawati Gianyar. Beliau merupakan ayahanda dari Prof. Dr. Ir. Wayan Windia,SU yang meninggal dunia pada usia 82 tahun tepatnya tanggal 10 Juni 2007.

Lebih lanjut Mumtazah menjelaskan bahwa kegiatan semacam ini juga telah dilaksanakan di TMP Curastana Singaraja pada 28 Agustus 2023. Di mana sebelum ziarah, Korps Menwa Ugracena melaksanakan MoU dengan LPP RRI Singaraja. Sebelumnya diawali dengan Pawai Kebangsaan dari Sekretariat Korps Menwa Kab. Buleleng (Kediaman Ketua Korps Menwa Kab.Buleleng, Dra. Ni Made Cantiari, M.Si) menuju Kantor LPP RRI Singaraja.

MoU ini direalisasikan pada Program Siaran Dunia Anak melalui Kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) baik secara on air maupun off air. Yang mana akan launching pada 15 September mendatang melibatkan sekitar 700 peserta dari perwakilan siswa TK se-Kab. Buleleng, Korps Bela Negara Kab. Buleleng, Yon B-920/Jayastambha Universitas Pendidikan Ganesha, Pemuda Panca Marga Kab. Buleleng, dan Pramuka. (MM)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!