33.5 C
Jakarta

Lagi, 332 Arsip Statis Kemendikbud Diserahkan ke ANRI

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pindahkan pengelolaan 332 arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Dengan demikian hingga saat ini jumlah arsip Kemendikbud yang sudah dipindahkan berjumlah 12.803 arsip.

Penyerahan arsip tersebut dilakukan Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, kepada Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman M. Satuan kerja Kemendikbud yang melakukan pemindahan arsip pada kesempatan ini adalah Biro Hukum dan Organisasi, Sekretariat Jenderal; Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Ditjen Kebudayaan; Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Ditjen Kebudayaan; Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Ditjen Kebudayaan, dan; arsip media baru berupa film, Ditjen Kebudayaan.

Andi Kasman M, selaku Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, ANRI, menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbud yang telah berperan aktif dalam pengarsipan nasional.

“Pemindahan ini merupakan perintah undang-undang. Diharapkan lembaga negara dapat memindahkan arsipnya paling tidak setiap tahun. Kemendikbud merupakan salah satu kementerian dan lembaga negara yang rutin menyerahkan arsip statisnya kepada arsip nasional RI,” ungkap Andi dalam siaran persnya, Kamis (7/12).

Andi mengemukakan bahwa dalam catatan ANRI, Kemendikbud dalam kurun waktu 5 tahun sudah menyerahkan arsip sebanyak tiga kali. Hal ini menunjukan kepedulian Kemendikbud dalam upaya berperan serta dalam melestarikan arsip statis sebagai memori bangsa ini.

Selain pemindahan arsip statis, unit utama di lingkungan Kemendikbud juga telah melakukan serah terima arsip inaktif sebanyak 230.145 berkas kepada Sekretariat Jenderal melalui Biro Umum selaku pembina kearsipan dan pengelola Pusat Arsip Kemendikbud di Ciketing, Bekasi.

“Kami sudah membangun kembali kearsipan di Ciketing, ini menunjukan keseriusan kami dalam mengurusi kearsipan kami,” jelas Sekjen Didik Suhardi.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!