26 C
Jakarta

Mahasiswa Asing Belajar Budaya Indonesia di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta

Baca Juga:

SURAKARTA, MENARA62.COM–Rabu (22/22017) SMA Muhammadiyah 2 Surakarta mendapat kunjungan 6 mahasiswa asing dalam rangka kegiatan lintas budaya. Mahasiswa itu antara lain berasal dari Uganda, Tanzania, Laos, Zimbabwe dan Hungaria.

Pada acara penyambutan Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Dra Darwati, MPd mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa program lintas budaya. Pada kesempatan tersebut, Darwati memperkenalkan Sekolah kepada para mahasiswa seperti kondisi sekolah, visi misi dan juga menunjukkan salah satu alumninya yang berhasil yaitu Prof HM Amien Rais. Di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, menggunakan metode moving class serta memakai Edutainment Humanizing.

Kemudian sambutan dari perwakilan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) disampaikan oleh Nur Amalia, MTeach. Ia mengucapkan terima kasih kepada SMA Muhammadiyah 2 atas kesediaan menerima mahasiswa asing dari UMS. Kemudian Nur Amalia mengatakan, bahwa UMS mendapatkan hibah darmasiswa, mahasiswa asing yang belajar bahasa Indonesia. Mereka belajar dengan dua skema ( 1 tahun hanya belajar bahasa bernama darmasiswa, dan 1 tahun plus 2 tahun magister bernama Kemitraan Negara Berkembang/KNB).

Kegiatan mahasiswa asing hari ini merupakan kegiatan dalam rangka belajar budaya dan bahasa Indonesia. Mereka diminta untuk berinteraksi dengan masyarakat (dalam hal ini siswa dan masyarakat sekolah) untuk presentasi mengenalkan budaya dan bahasa mereka menggunakan bahasa Indonesia.

Tahun ini, ada 4 mahasiswa KNB dan 6 mahasiswa darmasiswa. Untuk kelas KNB yaitu Phetxomphon (Laos), Hassan Khamis Hassan (Tanzania), Stanley Chiremba (Zimbabwe) dan Bwanika Najib (Uganda). Sementara itu untuk kelas Dharmasiswa antara lain Nagy Gyorgy (Hungaria), Hodi Lilla (Hungaria), Aidee Awae (Thailand), Nouraldeen Ameen (Sudan), Abdalrahim (Sudan), dan Adam Abdelh (Sudan).

Program pengenalan itu merupakan tugas mahasiswa dan sekolah diminta mengisi angket hasil berbahasa Indonesianya.

Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta, Drs H Tridjono dalam sambutannya, mengenalkan bahwa majelis Dikdasmen Kota Surakarta membawahi SD,SMP/MTs, SMA/MA/SMK. “Saya mengharapkan agar kehadiran mahasiswa asing ini membawa berkah,” ujarnya.

Penyambutan ini juga dihadiri Komite Sekolah, H Harminto.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!