32 C
Jakarta

MDMC Buleleng Latih Siswa MTs Mardlatillah Pertolongan Pertama.

Baca Juga:


SINGARAJA, MENARA62.COM. Paska pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun, Tahun Ajaran 2021/2022, MDMC PDM Kabupaten Buleleng mendapatkan kesempatan berbagi ilmu dan ketrampilan kepada seluruh peserta didik MTs Mardlatillah Singaraja.

Sebagai sebuah Lembaga yang bergerak dibidang Penanggulangan Bencana, MDMC wajib siap dan siaga dalam hal kesiapsiagaan bencana, baik sebelum terjadi bencana apalagi disaat terjadi bencana.

Dalam rangka mengisi jeda semester setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun di MTs Mardlatillah Singaraja, mulai Senin sampai Selasa, 30 – 31 Mei 2022 MDMC Buleleng berbagi ilmu dan ketrampilan dalam hal pertolongan pertama kepada seluruh siswa kelas 7 dan 8.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian arahan kepada seluruh siswa oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan terkait program yang diberikan selama dua hari ini.

” kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa khususnya kelas 7 dan 8 yang telah selesai melaksanakan Penilaian Akhir Tahun. Dan juga dalam rangka membekali siswa dan para guru terkait penanganan korban yang terjadi khususnya disekolah.” tuturnya.

Dengan semangat yang menggebu-gebu, Edy Suprayitno yang ditugaskan untuk mendampingi dan berbagi ilmu bersama para siswa kelas 7 dan 8, memulai pelatihan ini dengan mengajak mereka semua bersiap dan memastikan diri untuk siap menerima materi yang akan disampaikan.

Selama 2 hari materi pertolongan pertama akan diberikan dengan susunan materi antara lain; pada hari pertama diberikan pengenalan jenis lipatan sebelum ke materi Pembalutan, jenis-jenis Pembalutan pada luka dan bagaimana sikap sebagai pelaku pertolongan pertama. Sesi berikutnya mereka diberikan materi ketrampilan pertolongan terkait dengan mobilisasi atau pengangkutan korban baik dengan cara 1 orang, 2 orang dan 3 orang tanpa menggunakan alat.

Memasuki hari kedua ditanggal (31/5), mereka diberikan materi bagaimana cara menolong korban yang mengalami sumbatan jalan nafas, dan pertolongan pengangkutan korban dengan menggunakan alat.

Melihat antusiasme peserta didik dalam menerima meteri yang diberikan MDMC Buleleng melalui sekretarisnya Imaduddin Syamil yang juga salah satu guru di MTs Mardlatillah menyampaikan akan siap membantu dan mengawal agar pelaksanaan latihan-latihan seperti ini bisa terus dilaksanakan dan terus menerus.

” kami sangat peduli dan megapresiasi apa yang dilakukan oleh MTs Mardlatillah di masa jeda PAT ini. Untuk selanjutkan kami akan sangat mendukung jika akan diadakan kembali kegiatan-kegiatan seperti ini diluar momentum paska ujian ini.” Ujar Imaduddin yang juga selaku sekretaris Pemuda Muhammadiyah Buleleng.

Pada kesempatan menutup pelatihan 2 hari ini, Kepala Sekolah MTs Mardlatillah Singaraja, ustadz Fachrudin, S.Ag menyampaikan terima kasih yang terdalam kepada MDMC Buleleng dan berharap kerja sama seperti ini terus dapat dilaksanakan di kemudian hari.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!