32.1 C
Jakarta

Menjaga Optimisme, Tol Laut Perdana 2023 Dilepas

Tol Laut Untuk Menjamin Ketersediaan Barang dan Disparitas Harga

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Menjaga Optimisme, Tol Laut Perdana 2023 Dilepas. Kementrian Perhubungan, di Surabaya, Kamis (5/1/2023) melepas keberangkatan Tol Laut perdana 2023. Pelayaran ini menggunakan KM Kendhaga Nusantara 7 di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Kapal tersebut melayani trayek T-14 dengan rute pelayaran Tanjung Perak, Larantuka (Tabilota), Lembata (Lewoleba), Kalabahi, Tanjung Perak.

“Dengan adanya pelepasan perdana kapal Tol Laut pada awal tahun ini, diharapkan dapat menjadi semangat baru bagi kita semua dalam menyukseskan program itu,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Kementerian Perhubungan, Capt Hendri Ginting dalam keterangan di Jakarta, seperti dilansir situs Antaranews.com.

Kapal Kendhaga Nusantara 7 ini membawa muatan seberat 57 TEUs. Direncanakan pengiriman 21 TEUs ke Larantuka, 33 TEUs ke Lewoleba dan 3 TEUs ke Kalabahi.

“Pelayanan ini diharapkan dapat mengakomodasi pengiriman logistik dari sisi angkutan laut, dalam upaya memenuhi kebutuhan Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) ke daerah utamanya pada Provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujarnya.

Tol laut

Tol laut, merupakan salah satu program Presiden Joko Widodo dan mulai beroperasi 4 November tahun 2015. Tol Laut ini dilaksanakan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Menteri Perhubungan dan Menteri Perdagangan.

Tujuannya, untuk menjaga ketersediaan stok barang-barang kebutuhan pokok dan penting lainnya. Selain itu, untuk menjaga adanya disparitas harga barang-barang tersebut, terutama antara Indonesia wilayah barat dan timur. Sementara pertumbuhan ekonomi yang terpusat di Pulau Jawa, membuat transportasi laut di Indonesia tidak efisien dan mahal. Pasalnya, tidak ada muatan balik dari wilayah-wilayah yang pertumbuhan ekonominya rendah, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!