32.7 C
Jakarta

Menteri PPPA Dukung PPBN Korps Menwa Ugracena untuk Jaga NKRI

Baca Juga:

 

DENPASAR, MENARA62.COM –  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si. yang juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga mengatakan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) membangun jiwa patriotisme, cinta tanah air untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut dikemukakan seusai menandatangi Prasasti PPBN Korps Menwa Ugracena dan Monumen Perjuangan Bangsal pada kegiatan PPBN tingkat Taman Kanak-Kanak melalui Parade Merah Putih didampingi Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dan Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Antari Jayanegara bertempat di Taman Kota Lumintang pada Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan ini dalam rangka Serangkaian Kegiatan Program Umum IGTKI-PGRI Kota Denpasar Tahun 2023, Mengenang 78 Tahun Puncak Pertemuan Rahasia Gerakan Bawah Tanah Perang Kemerdekaan RI di Bali (16 Agustus), HUT Ke-78 Proklamasi RI (17 Agustus), HUT Ke-59 Menwa Ugracena (29 September).

Kegiatan yang mengusung tema “TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU , MEMUPUK PERSATUAN DAN KESATUAN, DALAM KEBERAGAMAN SEJAK USIA DINI” ini diselenggarakan atas Kerjasama IGTKI Kota Denpasar dengan Korps Menwa Ugraçena Bali yang didukung oleh Pemerintah Kota Denpasar dan Gugus Kebangsaan Provinsi Bali.

Menurut Kasmen Korps Menwa Ugraçena Bali, Mumtazah Mardliyah, S.Ked, Hingga kini PPBN telah mencetak lebih dari 10.000 kader bela negara dari tingkat TK hingga SMA. Kasmen Mumtazah menyampaikan bahwa setelah mendapat Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) khususnya Direktorat Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan pada tahun 2019, Kita Fokus pada PPBN tingkat taman kanak-kanak mengingat pentingnya menanamkan kesadaran bela negara dari sedini mungkin.

Kegiatan PPBN dilakukan sejak tahun 2015, pertama kali dilakukan di RRI Singaraja yang dibuka oleh Danrem 163/Wirasatya ketika itu yakni Kolonel (Inf) Nyoman Cantiasa. Kini Jenderal bintang tiga tersebut menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koor Sahli Kasad).

“Melalui parade ini, diharapkan mampu menanamkan karakter serta membangun minat bela negara sejak usia dini,” tegas Mumtaz panggilan akrab Kasmen yang juga Humas Monumen Perjuangan Bangsal (Markas Rahasia Perjuangan Bawah Tanah).

Prasasti PPBN Korps Menwa Ugracena dan Monumen Perjuangan Bangsal yang telah ditandatangani oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si.

Sementara itu, Ketua Pengurus IGTKI Kota Denpasar, Nyoman Puspitawati Yasa S.Pd AUD melaporkan kegiatan ini diikuti oleh 1250 anak TK Se-Kota Denpasar. Di samping itu juga dilaksanakan Gebyar Kreatifitas Anak dan Guru TK se – Kota Denpasar disertai Pertunjukan Pentas Nusantara.

Pihaknya berterima kasih kepada Korps Menwa Ugracena atas dukungan penuh terselenggaranya parade merah putih dengan Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter dibawah komando Ketua Korps Menwa Indonesia Kabupaten Badung, I Putu Krisna Adigunartha bersama IKA Menwa Seroja Timor Timur Wilayah Bali beserta unsur Skomen Korps Ugracena yakni Asops Kasmen, Putu Dharma Putra; Asintel Kasmen, Teguh Eka S; Kapenum, Krisna Andika; Wadandenma, Agustinus Wungo.

Pada acara tersebut, Kasmen Mumtazah  menyerahkan Buku Merangkai Jejak Perjalanan Menwa Ugraçena dan Buku Bangsal Dalam Kenangan Revolusi Kepada Menteri PPPA Bintang Puspayoga. (MM)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!