26.5 C
Jakarta

MPM PP Muhammadiyah Tingkatkan Kesehatan Dampingan

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) menggelar pemeriksaan kesehatan bagi usaha kecil & mikro Guyub Makmur di Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Ahad (29/01/2017). Aksi tersebut dalam rangka pemberdayaan masyarakat dari aspek kesehatan.

Selain anggota UKM Guyub Makmur, pemeriksaan kesehatan diikut kelompok dampingan MPM lainnya, yaitu Kelompok IKM Pusaka Mulya Kokap, Kulonprogo dan Kelompok Asongan Surya Mandiri, Kota Yogyakarta.

Wuri Rahmawati, Ketua Divisi Komunitas Khusus MPM PP Muhammdiyah mengungkapkan pemerikasaan kesehatan meliputi tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi kesehataan terkait hal tersebut dengan di hadiri sekitar 100 orang.

Hadi Sutrisno dan Wuri Rahmawati sedang memberikan penjelasan tentang pemeriksaan kesehatan di Bantul, Ahad (29/1/2017). (foto : prasetyo)

“Kegiatan ini dilaksanakan di Kelompok IKM Guyub Makmur karena menjadi salah satu dampingan yang fokus pemberdayaannya pada edukasi baik di bidang kesehatan maupun keagamaan” kata Wuri.

Lebih lanjut Wuri mengungkapkan fokus pemeriksaan kesehatan kepada empat hal tersebut karena banyak anggota yang mengeluhkan penyakit itu. “Kami melakukan kegiatan ini sebagai deteksi dini untuk mengetahui kondisi riil kesehatan masyarakat” tandasnya.

Harapannya, kata Wuri, setelah masyarakat mengetahui hasil tesnya, mampu mengelola kesehatannya dari sisi pola hidup dan pola makan. “Selanjutnya kami akan memetakan hasil pemeriksaan hari ini, untuk dilakukan tindak lanjut sesuai jenis keluhan masyarakat yang berpotensi tinggi” tandas Wuri.

Prinsipnya, kata Wuri, MPM PP Muhammadiyah bersama LazizMu melalui program ini berupaya untuk meningkatkan dan menjaga taraf kesehatan masyarakat. Sehingga mereka bisa melaksanakan aktivitas untuk meningkatkan kesejahteraan.

Ngadirah, ketua Kelompok Guyub Makmur mengaku senang dengan adannya pemeriksaan kesehatan ini. “Pemeriksaan dan sosialisasi kesehatan ini sangat dibutuhkan, agar masyarakat menjadi lebi sehat,” kata Ngadirah. (Prasetyo)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!