33 C
Jakarta

Panen Sayur Hidroponik di Tengah Pandemi

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Bisakah kita mendapatkan sayuran murah, bersih dan sehat? Tentu bisa! Pembuatan media bertanam sayuran dengan konsep hidroponik tidak terlalu sulit, begitu pula dengan bahan– bahan yang digunakan cukup mudah untuk didapatkan.

Dari sisi ekonomi cukup murah, secara teknis pembuatan media tanam hidroponik cukup mudah. Hal tersebut diungkapkan Kelompok hidroponik Malabar Sunarto saat webinar Gita Pertiwi melalui Zoom, Jum’at (6/8/2021)

“Hari ini kita panen sayur hasil swakelola warga lingkungan RT 04 RW 16 Mojosongo,” ujar Sunarto.

Beberapa pertanyaan terkait sayuran yang kita konsumsi. Berapa anggaran pembelian sayuran per bulan? Bagaimana higienitas/kebersihan sayuran yang kita konsumsi? Apakah sayuran yang kita konsumsi aman bagi kesehatan?

Sayuran merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan bagi tubuh untuk menjaga kesehatan. Kaya vitamin terutama vitamin A dan C. Kaya kandungan mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium, fosfor dll. Klorofil (zat hijau daun) untuk merangsang pembentukan sel darah merah.

Antioksidan yang menetralkan radikal bebas sebelum merusak sel tubuh. Kaya kandungan serat alami guna menjaga kesehatan dan melancarkan pencernaan. Dan masih banyak lagi manfaat yang lain.

“Kenapa kita bertanam hidroponik? Semakin berkurangnya lahan pertanian. Semakin bertambahnya populasi/jumlah penduduk. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sayuran yang bersih dan sehat,” bebernya.

Media Tanam Hidroponik. Dalam hidroponik selain menggunakan air sebagai media penyedia nutrisi, kita juga memerlukan media lain guna menopang tanaman agar tidak mudah goyah dan tetap bisa tumbuh tegak. Media tanam yang diperlukan adalah media yang tidak mengandung nutrisi, steril dari organisme pembawa hama/penyakit, porositas tinggi, mampu menahan air, PH normal (5.5 – 7)

“Keuntungan bertanam hidroponik. Siklus hidup tanaman lebih pendek (cepat panen)
Pemeliharaan mudah. Terhindar dari penyakit yang berasal dari tanah. Bisa bertanam sepanjang tahun,” jelasnya.

Salah satu peserta webinar, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Sekolah Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta terharu dan terkejut mendapatkan kiriman 3 kantong plastik sayuran sawi hidroponik.

“Terima kasih banyak atas kiriman sayur sawi yang segar dan menyehatkan. Kalau untuk SD Muh 1 sendiri ada lab Botani di lantai 3,” pungkas Jatmiko.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!