30.2 C
Jakarta

PCM Gamping Sleman Dirikan Panti Lanjut Usia

Baca Juga:

 

SLEMAN, MENARA62.COM — PCM Gamping Sleman Dirikan Panti Lanjut Usia. Menjadi tua adalah sebuah keniscayaan. Proses menjadi tua jangan dipandang sebagai sesuatu yang buruk, maka hal ini perlu disiapkan. Orang tua yang memiliki pengalaman hidup hendaknya difungsikan dan diberdayakan sebagai guru atau penasehat dalam banyak hal.

Wahyu Purhantara, MPKS PDM Sleman dalam Kunsiroh (kunjungan silaturahmi) dan pendampingan Pendirian Panti Lanjut Usia (Muhammadiyah Senior Care) oleh MPKS PDM Sleman ke PCM Gamping. Menurutnya, orang tua tetep memiliki potensi untuk diberdayakan agar ia tetap mandiri dan menjadi contoh bagi generasi muda.

Proses penuaan yang ditandai oleh penurunan beberapa fungsi organ dan anggota gerak tubuh dapat dihambat lajunya dengan aktifitas fisik dan olahraga. Maksudnya adalah agar proses penuaan tetap dalam kondisi sehat dan menggembirakan, maka perlu didampingi dan dipantau aktivitas fisik, olah raga ringan, dan kesehatannya. Maka di sini perlu ada cawe-cawe dari Muhammadiyah, sebagai ormas yang perduli pada orang tua/ lansia.

Muhammadiyah dalam membina dan memberdayakan jamaahnya yang tergolong lanjut usia ada dua model, yaitu dalam bentuk panti (mukim di asrama) dan bentuk Day Care (perawatan harian atau datang pagi pulang sore). Di dalam kedua model ini, lembaga tetep dapat memberdayakan kliennya dalam berbagai aktifitas produksi dan keagamaan. Kurikulumnya pun tetep bisa berbasis “sekolah lansia.

Perbedaannya hanya dari sisi layanannya saja, demikian lanjut Wahyu di hadapan Ketua PCM Gamping dan jajarannya bertempat di LKSA Abu Dzar Al Ghifary.

Pada kesempatan ini, menurut Ketua PCM Gamping, Muhaimin, mengatakan, PCM Gamping sudah lama berkeinginan untuk mendirikan lembaga kesehateraan lanjut usia (Panti Lansia atau MSC).

“Dari sisi piranti SDM, tempat, dana, kami sudah siap,” katanya.

“Hanya model dan kurikulumnya yang kami masih dalam penjajagan.”

Dalam kesempatan ini, Wahyu Purhantara selaku Ketua MPKS didampingi oleh Ahmad Suparlan, S.Ag dan Lintang Prabandari dari Difisi MSC, serta Nur Khasanah dan M. Zainal Fanani.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!