29.3 C
Jakarta

PCM Kebomas Gresik Gelar Pengajian Ahad Pagi

Baca Juga:

GRESIK, MENARA62.COMAhad (21/10/2018), PCM Kebomas Gresik Gelar Pengajian Ahad Pagi. Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kebomas Gresik, melaksanakan pengajian Ahad pagi.

Kegiatan ini rutin dilakukan sebulan sekali pada Ahad ke tiga tiap bulan. Pada pengajian kali ini, menghadirkan nara sumber Drs Abdul Rouf Azhar MH dari Malang. Dosen  Universitas Muhammadiyah Malang yang berasal dari PCM Kepanjen, Malang ini, juga seorang Hakim di Pangadilan Agama Malang.

Pengajian Ahad pagi yang mengangkat tema menuju keseimbangan dunia dan akhirat ini, dihadiri warga persyarikatan Muhammadiyah di Kebomas. Dalam tausyiahnya, Abdul Rouf mengatakan, pandangan manusia tentang kehidupan ada 3 kelompok, yaitu:

1.Kelompok yang menganggap hidup hanya satu kali yaitu di dunia. Apabila nyawa sudah berpisah dengan badan maka berakhirlah segala-galanya.
2. Kelompok yang memburu dunia dg meninggalkan akhirat.
3. Kelompok yang menjadikan dunia ibarat ladang untuk bercocok tanam sedangkan hasilnya akan di petik nanti di akhirat.

Abdul Rouf menilai, dari ketiga kelompok tersebut, yang terbaik adalah kelompok ke tiga karena memiliki pandangan dunia akhirat secara seimbang. Menurutnya, untuk menuju keseimbangan pandangan kehidupan dunia dan akhirat, paling tidak memerlukan pemahaman tentang lima hal. Yaitu, adanya tujuan hidup, nilai dunia dibandingkan akhirat, hakikat kematian, hakikat Islam, dan hakikat jahiliyah.

“Untuk itu maka berbuatlah kebajikan sebanyak-banyaknya seolah-olah engkau akan mati esok hari,” ujarnya.

Setelah memahami lima hal itu, menurut Abdul Rouf, seorang Muslim haruslah memiliki sikap, 1) selalu konsisten beramal dalam Islam, 2) selalu memperhatikan kepentingan umat Islam, 3) mulia dengan kebenaran dan percaya bahwa pertolongan Allah akan di berikan kepada orang-orang yang menolong agamaNya, dan 4) tertolong-tolonglah meninggikan kalimat Allah deng sesama kaum muslimin dalam jamaah yang di ridhai Allah SWT.

Slamet Dalhar SP, dari PCM Kebomas mengatakan, pengajian Ahad pagi di laksanakan setiap bulan sekali, untuk mempererat silaturrahim warga Muhammadiyah se cabang Kebomas. Selain itu, juga untuk menambah ilmu dan wawasan warga Muhammadiyah sebagai manusia yang masih hidup di dunia ini .

Penulis: Erna Hidayati

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!