30.4 C
Jakarta

Pembekalan Mubalighah ‘Aisyiyah Purworejo

Baca Juga:

 

PURWOREJO, MENARA62.COM – Majelis Tabligh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (MT PDA) Kabupaten Purworejo mengadakan kegiatan Pembekalan Mubalighoh ‘Aisyiyah pada hari Ahad (27/01) secara luring di SMP Muhammadiyah Purworejo.

Kegiatan ini diikuti oleh 32 peserta perwakilan dari Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) se-kabupaten Purworejo. Beberapa perwakilan peserta merupakan anggota Majelis Tabligh dan atau kader mubalighoh di PCA tempat mereka berdakwah. Forum pembekalan kali ini mengusung tema “Peran Mubalighoh ‘Aisyiyah dalam Memajukan Indonesia dan Mencerahkan Semesta melalui Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar” yang dibuka oleh ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Purworejo.

Nur Ngazizah selaku ketua panitia menyampaikan bahwa agenda kegiatan Pembekalan Mubalighoh adalah pemaparan program dan pembekalan menyambut bulan suci Ramadan 1443 H.

“Pembekalan yang diberikan berisikan materi dari setiap divisi yang ada di program kerja Majelis Tablih PDA Kabupaten Purworejo. Divisi tersebut adalah Divisi Penguatan Pengajian dan Media, Divisi Pembinaan Mubalighoh, Divisi Pembinaan Dakwah Khusus, dan Divisi Penguatan Keluarga Sakinah. Pembekalan ini akan diisi oleh beberapa narasumber yaitu Nur Ngazizah, Ernawati dan Ulya Rosyeda,” ujar Nur Ngazizah.

Nur Ngazizah menambahkan bahwa kegiatan pembekalan mubalighoh ini sebagai upaya untuk melakukan pembekalan terhadap para mubalighoh menjelang Ramadhan, agar bersiap siap untuk menggembirakan Ramadhan dengan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Dan tanggap terhadap perkembangan teknologi informasi yang menjadi bagian dari kemenarikan dakwah.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Purworejo Hj. Frin Erma Nurhayati, S.Pd.M.Si yang memberikan sambutan sekaligus membuka pembekalan Mubalighoh ‘Aisyiyah, beliau menyampaikan bahwa Majelis Tabligh sebagai corong dakwah ‘Aisyiyah harus selalu terdepan dalam melangkah dan sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Para mubalighoh harus terus mengupgrade ilmu dan juga seni dalam berdakwah, agar dakwahnya menggembirakan dan mencerahkan,”ungkap Frin Erma selaku Ketua PDA Purworejo.

Salah satu agenda dalam kegiatan tersebut adalah Dakwah Digital yang disampaikan oleh Ulya Rosyeda, anggota Majelis Tabligh PDA Purworejo Divisi Pembinaan Mubalighoh dan Nuriani dari Divisi Penguatan Pengajian dan Media. Mengingat sasaran dakwah di zaman sekarang adalah generasi dan masyarakat yang banyak menghabiskan waktunya dengan smartphone, maka dalam pemaparan materi, Ulya menjelaskan tentang pentingnya peran mubalighoh dalam menyampaikan dakwah yang tidak hanya bil lisan tetapi juga melalui konten media visual salah satunya adalah flyer dakwah.

Materi yang disampaikan dari Divisi Pembinaan Mubalighoh dan Divisi Penguatan Pengajian dan Media menitik beratkan pada penerapan dakwah melalui konten Islami dengan produk desain grafis.

Disampaikan sebagai konsep teori dasar, bahwa prinsip dasar seorang desainer grafis muslimah harus memperhatikan batasan syari’at atau fikih dakwah dalam membuat desain grafis, berilmu sebelum berdakwah, beramal sebelum berdakwah dan manajemen waktu yang baik. Selain itu, peserta juga belajar tentang desain grafis mencakup prinsip warna, penempatan layout, pemilihan font dan teknik penyusunan dalam membuat sebuah karya desain grafis dengan konten Islami menggunakan aplikasi based Android yaitu Canva.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara demi acara sebagai penyegaran untuk perjuangan dakwah berikutnya. Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan ini adalah mubalighoh kembali ke lembaga dan amal usaha di PCA masing-masing. Diharapkan setiap mubalighoh dapat memberikan warna dakwah untuk masyarakat di sekitarnya melalui program kerja yang ada di PCA masing-masing. Langkahnya dengan membina diri, keluarga dan membangun masyarakat Islam yang sejahtera.

“Semoga dengan kehadiran para mubalighoh ‘Aisyiyah dapat memperkuat perjuangan dakwah ‘Aisyiyah di setiap lapisan masyarakat” pungkasnya.

(Akhmad M)

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!