25.4 C
Jakarta

Polimedia Bertekad Lahirkan SDM yang Peka dan Bisa Baca Pasar Industri Kreatif

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru tahun Akademik 2022/2023, Senin (15/8/2022). Sidang Senat yang diikuti 1.417 mahasiswa baru dari kampus Jakarta, PSDU Medan dan PSDU Makassar yang digelar secara hybrid tersebut menjadi bagian dari seremonial penyambutan mahasiswa baru yang rutin digelar Polimedia setiap tahun.

Dalam sambutannya Direktur Polimedia Dr Tipri Rose Kartika menyebutkan Polimedia adalah perguruan tinggi vokasi yang mendapatkan amanah untuk melahirkan lulusan yang terampil di bidang industri kreatif. “Ini adalah kampus vokasi pertama yang dirancang untuk melahirkan SDM bidang kreatif,” kata Oca, panggilan akrab Tipri Rose.

Sebagai implementasi dari harapan pemerintah akan lahirnya SDM bidang kreatif, Polimedia yang resmi berdiri pada 8 Oktober 2008 tersebut membuka 4 jurusan yakni Teknik Grafika Desain Grafis, Pariwisata dan Penerbitan. Hingga saat ini Polimedia telah memiliki 15 program studi di bidang industri kreatif.

Oca mengakui animo masyarakat untuk melanjutkan studi di Polimedia dari tahun ke tahun terus meningkat. Ini seiring makin tumbuh dan berkembangnya industri kreatif di tanah air. “Karena itu, Polimedia akan terus melakukan adaptasi dengan perkembangan industri kreatif untuk melahirkan SDM kreatif yang peka dan bisa membaca pasar,” lanjut Oca.

Polimedia sebagai perguruan tinggi vokasi yang berorientasi pada industri kreatif, jelas Oca, telah banyak melahirkan lulusan di berbagai bidang ekonomi kreatif. Berbasis karya dan wirausaha, Polimedia telah bekerja sama dengan industri dan dunia kerja untuk mewujudkan merdeka belajar kampus merdeka. Sehingga terwujud Polimedia unggul di Asia Tenggara pada tahun 2030.

Dalam kesempatan tersebut Oca juga mengingatkan munculnya tren metaverse. Tren baru dalam bidang teknologi tersebut akan membawa perubahan dan dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat baik dalam bidang ekonomi, kesehatan, pariwisata, property maupun pendidikan.

Senat Polimedia berfoto bersama

Itu sebabnya Polimedia berkomitmen untuk mendukung  dan mengembangkan teknologi metaverse sebagai bagian dari tren inovasi yang terus berkembang di Indonesia. “Polimedia berupaya menciptakan lulusan yang mampu mengelola teknologi terbaru yang dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem metaverse. Ini sejalan dengan visi dan misi Polimedia yakni menjadi kampus unggul di kawasan Asia Tenggara pada 2030,” jelas Oca.

Tahun ini kata Oca, Polimedia menerima 1417 mahasiswa baru yang tersebar di Kampus Jakarta, PSDKU Medan, dan SPDKU Makassar melalui jalur SNMPN, SNMPTN, SBMPN, SBMPTN dan Mandiri. Jumlah tersebut cukup memenuhi untuk melaksanakan penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat.

“Saya harap anak-anakku mahasiswa baru dapat menjalani fase kehidupan baru ini dengan baik, dapat bersosialisasi di kampus, menjalin pertemanan, membangun kerjasama, serta menyalurkan minat dan bakat. Jalanilah masa-masa kemahasiswaan dengan penuh prestasi hingga kalian lulus,” tandas Oca.

Sementara itu Wakil Direktur bidang Akademik Dr. Benget Simamora menambahkan masa orientasi bagi mahasiswa baru yang berlangsung hingga 19 Agustus digelar dalam rangka mengenalkan lingkungan kampus dan berbagai aturan yang ada kepada mahasiswa baru. Kegiatan digelar secara hybrid, dimana mahasiswa baru secara bergantian hadir untuk mengikuti kegiatan secara offline di kampus Jakarta. “Setiap hari ada 300 mahasiswa baru yang mengikuti secara offline, sedang lainnya mengikuti secara online,” katanya.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!