29.6 C
Jakarta

Ratusan Mahasiswa UMY Ikuti Unboxing Ekspedisi Indonesia Baru

Baca Juga:

 

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Lebih dari lima ratus mahasiswa  dan masyarakat umum menghadiri gelaran Unboxing Ekspedisi Indonesia Baru yang diagendakan di Amphiteater Gedung Ibrahim lt. 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Rabu (11/10). Mereka antusias mengikuti paparan dari Dandhy Laksono, Farid Gaban, dan Yusuf Priambodo dari tim Ekspedisi Indonesia Baru. Tema yang diangkat adalah Kewargaan Ekologis dan Mimpi Generasi Muda Indonesia.

“Gelaran Unboxing Ekspedisi Indonesia Baru ini merupakan komitmen dari Program Studi Ilmu Komunikasi dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY untuk memberikan ruang dan gagasan kepada mahasiswa dan masyarakat untuk membangun jejaring serta mendapatkan insight tentang keindonesiaan,” ujar Erwan Sudiwijaya, sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMY.

Karya film dokumenter dari Ekspedisi Indonesia Baru telah ditampilkan di kanal YouTube Indonesia Baru. Beberapa judulnya seperti Angin Timur, Tanah Tabi, Base Genep-Warisan Bung Karno di Meja Makan, serta The Soulmates. Juga ada lima film dengan durasi masing-masing satu jam dengan payung tajuk Dragon for Sale.

“Gagasan mengadakan unboxing ini adalah membangun kesadaran kewargaan di kalangan mahasiswa,” ujar David Efendi, pengampu mata kuliah Kewarganegaraan. David menambahkan bahwa apa yang dilakukan dan dihasilkan oleh Ekspedisi Indonesia Baru bisa menjadi teladan bagi mahasiswa, dengan aktif memproduksi konten yang peduli dengan isu ekologis.

Ketiga pembicara secara bergantian membagi pengalamannya saat melakukan ekspedisi keliling Indonesia selama 425 hari. Ekspedisi Indonesia Baru merupakan sebuah perjalanan keliling berbagai pelosok Indonesia yang melibatkan personel lintas generasi. Farid Gaban dari generasi Boomer, Dandhy Laksono generasi X, kemudian Yusuf Priambodo generasi Y, dan Benaya Harobu generasi Z. Farid Gaban dan Dandhy Laksono dikenal sebagai jurnalis yang memiliki integritas dan reputasi dalam liputan dokumenter.

Sebelumnya Dandhy Laksono telah beberapa kali diundang ke UMY untuk mengisi kuliah umum dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi, terutama dalam mata kuliah Film Dokumenter. (*)

 

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!