33.3 C
Jakarta

RegoPantes, Hubungkan Petani Dengan Konsumen Secara Langsung

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Peringati Hari Pangan Sedunia tahun 2017, 8Villages Indonesia bekerjasama dengan BNI luncurkan RegoPantes. Ini adalah platform e-commerce yang mencoba menghubungkan petani dengan konsumen secara langsung.

Ide awal diluncurkan RegoPantes, diakui Wim Prihanto, COO PT 8Villages & Founder RegoPantes, bermula dari ketidakberdayaan petani dalam menentukan harga komoditas yang dihasilkan.

“Petani tidak berdaya untuk menentukan harga produk pertanian yang dihasilkan. Penentu harga didominasi oleh tengkulak dan pedagang,” kata Wim, Senin (23/10/2017).

Ia mengakui rantai tata niaga yang harus dilalui produk pertanian sejak dari tangan petani hingga konsumen bisa 8 mata rantai. Akibatnya harga produk pertanian ketika sampai ditangan konsumen harganya bisa mencapai tiga kali lipat dari harga petani.

Ironisnya, mahalnya harga produk pertanian tersebut tidak berdampak positif bagi kesejahteraan para petani. Mereka tetap miskin dan harga komoditas yang dihasilkan tetap murah.

“Artinya, yang untung tetap tengkulak dan pedagang. Sedang petani kehidupannya tetap begitu saja,” lanjut Wim.

Dari fakta itulah kemudian ia berinisiatif memperpendek mata rantai tata niaga produk pertanian dengan meluncurkan aplikasi RegoPantes. Aplikasi ini menghubungkan langsung para petani dengan konsumen utamanya di Jabodetabek.

Melalui RegoPantes, para petani, diakui Wim dapat memperoleh penghasilan yang lebih tinggi dari biasanya. Karena proses jual beli dilakukan konsumen secara langsung kepada petani sehingga setiap pembelian dapat menambah penghasilan petani.

“Inilah yang kami sebut dengan membeli itu membantu. Artinya membeli pangan hasil petani bukan semata pemenuhan kebutuhan fisik tetapi juga memiliki nilai sosial berupa kepedulian terhadap petani,” tambah Wim.

RegoPantes telah diluncurkan kepada para petani pada 23 September 2017 di Magelang Jawa Tengah dan dilanjutkan pelatihan kepada petani agar lancar menggunakan aplikasi e.commerce. masyarakat Jabodetabek kini dapat membeli hasil panen petani dengan mengakses situs www.regopantes.com dan memilih hasil panen serta petani mana yang akan dibantu.

Sementara itu, Direktur Bisnis Kecil Jaringan BNI Catur Budi Harto mengatakan website RegoPantes merupakan kelanjutan kerjasama BNI dengan PT 8Villages yang sebelumnya telah merilis aplikasi Petani 46. RegoPantes adalah solusi perdagangan online yang memungkinkan petani dapat menjual hasil pertanian secara langsung kepada konsumen dengan harga pantas tanda adanya perantara atau tengkulak.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!