32.9 C
Jakarta

Robot SAR Unismuh Makassar Unjuk Gigi di Kontes Robot Indonesia

Baca Juga:

Makassar – Tim mahasiswa teknik elektro Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menorehkan prestasi dalam Kontes Robot Indonesia. Robot Search and Rescue (SAR) ciptaan mereka berhasil menembus tahap seleksi wilayah, mendemonstrasikan kemampuan navigasi dan penyelamatan di medan bencana.

Robot SAR ini merupakan hasil karya tiga mahasiswa, dipimpin oleh Syahrul, dengan anggota Ibnu Dzaky dan Ariel Kusma. Robot canggih ini dilengkapi mikrokontroler Arduino Mega 2560, servo Dynamixel untuk pergerakan kaki yang presisi, serta sensor ultrasonik dan Time of Flight (ToF) untuk mendeteksi rintangan.

“Robot ini dirancang untuk mensimulasikan penyelamatan korban bencana, mampu melewati medan berat seperti bebatuan dan longsor,” jelas Syahrul saat dihubungi via Whatsapp, Jumat (7/6/2024).

Ia menambahkan, robot ini dikendalikan menggunakan Arduino IDE dan diprogram dengan bahasa C. Proses pengembangan robot ini memakan waktu sekitar satu bulan. Syahrul mengungkapkan tantangan terbesar adalah keterbatasan waktu dan sulitnya mendapatkan beberapa komponen di Makassar.

Meski belum mencapai tahap nasional, tim Unismuh Makassar tetap optimis. “Kami akan terus mengembangkan robot ini dan mempersiapkan diri lebih matang untuk kompetisi berikutnya,” tegas Syahrul.

Inovasi ini menjadi bukti nyata dedikasi dan kemampuan mahasiswa Unismuh Makassar dalam menciptakan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Laporan oleh Cahyani (Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!