31.9 C
Jakarta

RSU Bunda Jakarta Layani Perawatan Onkologi

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Setiap orang sakit selalu memiliki harapan untuk sembuh dan hidup lebih lama lagi. Termasuk mereka yang sudah divonis menderita penyakit kanker.

Kuncinya adalah bagaimana tim dokter dan pasien yakin bahwa setiap usaha pengobatan akan membuahkan hasil.

“Jadi selama masih ada nafas, maka harapan selalu ada,” tutur Novarina, survivor kanker payudara saat memberikan testimoni terkait sistem pengobatan di Bunda Hope Oncology Center di RSU Bunda Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/8).

Karena itu, meski saat mendatangi RSU Bunda Menteng, Novarina sudah menderita kanker payudara stadium IIIB, ia tidak berputus asa. Tim dokter berhasil menumbuhkan semangatnya untuk bersama-sama untuk menjalani setiap proses dan tahapan terapi kanker yang dilakukannya.

Selama 9 bulan menjalani terapi di Bunda Hope Oncology Center, Novarina merasakan perkembangan yang sangat bagus. Sel-sel kanker yang menggerogoti payudaranya, hati dan paru-parunya, nyatanya bisa dikendalikan. Bahkan kini ia bisa bertahan hidup dengan kondisi yang jauh lebih sehat.

“Saya sudah menjalani kemoterai yag ke-14 kali. Perkembangannya sangat positif. Mudah-mudahan saya bisa melewati semuanya dengan baik,” tambahnya.

Ia mengakui selama berobat di Bunda Hope Oncologi Center, perasaannya jauh lebih nyaman dibanding saat berobat di Malaysia. Selain peralatannya yang canggih, di RSU Bunda Menteng, tim dokter yang menangani sangat baik dan bersahabat.

Bunda Hope Oncology Center diakui Didit Winnetauw, Direktur RSU Bunda Menteng, beroperasi sejak Oktober 2016. Meski relatif baru, Bunda Hope Oncology Center sudah menangani banyak kasus pasien kanker, dari kanker payudara, kanker serviks dan kanker ganas lainnya.

“Kami memiliki tim dokter yang siap memberikan pelayanan untuk konsultasi dan perawatan berkualitas dengan spesialis kemoterapi dan onkologi. Kami lakukan semuanya secara konsisten kepada pasien kanker dengan cara memperluas fasilitas diagnostik molekuler dan genetika,” papar Dr dr Samuel Johny Haryono, SpB (K) Onk, tim ahli Bunda Hope Oncology Center.

Unit kanker RSU Bunda Menteng ini didirikan dengan keyakinan bahwa pasien kanker dan keluarganya harus mendapatkan manfaat dari setiap pengobatan yang dilakukan dengan teknologi yang relevan secara klinis.

Untuk ilmu pengetahuan, Bunda Hope Oncology Center berfokus pada heterogenitas intratumoral dan evolusi klon mematikan. Klon mematikan adalah sel-sel yang pada akhirnya menyebabkan kematian pada pasien kanker karena kemampuan mereka mengganggu fungsi organ tubuh.

“Dengan mengidentifikasi klon mana yang berpotensi mematikan, Bunda Hope Oncology Center berharap dapat menerapkan diagnosa dan pengobatan kanker terhadap bagian kanker tersebut,” tutur dr Steve Yang, tim dokter Bunda Hope Oncology Center.

Bedah onkologi (surgical oncology) itu sendiri adalah cabang ilmu dalam penanggulangan penyakit kanker dengan menitikberatkan pada aplikasi pembedahan dalam semua aspek yang kesemuanya didasari penguasaan pengetahuan yang mendalam tentang dasar-dasar onkologi, sifat biologi tumor dan hal lain yang berhubungan dengan pengaplikasian modalitas lain seperti radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, hormonal terapi dan lainnya.

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!