25.5 C
Jakarta

Songsong Bulan Ramadhan, PRM Randusongo Sleman Gelar Pengajian

Baca Juga:

SLEMAN, MENARA62.COM – Menyongsong Ramadhan 1443H, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Randusongo mengadakan pengajian dengan tema “ Menggapai Berkah Ramadhan di masa Pandemi “ dengan menghadirkan pembicara Drs. H. Sri Purnomo M.Si pada Jum’at (4/03/2022). Kegiatan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Gelaran acara ini bertempat di Masjid Al Islam Randusongo dengan tujuan untuk memberikan bekal dan motivasi jamaah masjid  dan warga Ranting Muhammadiyah Randusongo,” tutur T Haryadi, Ketua Takmir Masjid dan sekaligus pimpinan PRM.

Ia mengingatkan bahwa Ramadan adalah bulan yang suci dan penuh berkah bagi umat Islam diseluruh penjuru dunia. Pada bulan ini seluruh umat muslim akan berusaha untuk menggapai keberkahan yang ada di dalamnya. Setiap umat muslim akan mempergunakan setiap detik waktunya untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

“Bulan Ramadan dipenuhi dengan berkah yang melimpah, setiap amalan baik akan mendapat pahala yang berlipat ganda, dan Allah akan memberikan ampunan bagi setiap ummatnya,” katanya.

Dalam hikmah pengajian kali ini Sri Purnomo mantan Bupati Sleman menegaskan arti dari tema yang diangkat dalam kajian ini yakni Berkah, Ramadhan dan Pandemi.

“Berkah berasal dari bahasa Arab, barakah, yang maknanya menurut Imam al-Ghazali adalah ziyadah al-khair, yakni bertambahnya nilai kebaikan. Sebagaimana Ilmu yang berkah memberikan nilai kemanfaatan dan kebaikan di dalamnya. Salah satu tandanya adalah ilmu tersebut diamalkan dan bermanfaat untuk dirinya dan orang lain serta mendatangkan kebaikan,” jelasnya

Dalam Qur’an As Shad Ayat 29  disebutkan “Wahai nabi Muhammad, sesungguhnya kitab Al-Qur’an yang telah kami turunkan kepadamu adalah kitab yang penuh berkah. Kami menurunkannya agar mereka menghayati dan memahami ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat menggunakan akal budinya untuk mendapat pelajaran darinya dan mengamalkan kandungannya.”

“Menyongsong Ramadhan1443 kali hendaklah kita jangan kendor karena pandemi, namun berbagai upaya harus dioptimalkan untuk ibadah karena ini menjadi kesempatan emas di bulan diamal Allah menjanjikan nilai yang lebih. Tambah semangat ke masjid untuk ibadah di bulan suci Ramadhan, bulan yang mulia  dan perkuat niat Allah akan mengijabah niat baik kita,” tambah Purnomo.

Sementara itu kondisi pandemi saat ini ibadah tetap jalan. Tentunya harus disikapi dengan upaya untuk mencegahnya yaitu dengan melakukan prokes jika hendak ke masjid, selalu memakai masker,  ketika sakit demam batuk pilek di rumah dulu. “Kita bisa mengambil ibrah kala terjadi wabah di jaman Rasul Muhammad. SAW yaitu apa yang dikenal dengan “thoun”, yang diterangkan jika thoun atau wabah di suatu wilayah maka jangan kamu masuki dan  Jika ada wabah maka tetap d rumah, jangan keluar rumah,” pesannya.

Pengajian ini diikuti dengan antusias dari segenap jamaah masjid Al Islam beserta perwakilan PCM, PRM se Turi sebagai bekal menyambut Ramadhan kali ini.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!