28.8 C
Jakarta

Tim Indonesia Targetkan Medali Emas Pada IOAA Ke-11 Di Thailand

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM– Indonesia akan mengirimkan 5 siswa terbaiknya untuk mengikuti ajang Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika (IOAA) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Phuket, Thailand pada 12-21 November 2017. Ke-5 siswa tersebut akan didampingi team leader Dr. Rer. Nat. M Ikbal Arifyanto dan Dr Aprilia yang merupakan staf pengajar pada Program Studi Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad saat melepas tim IOAA tersebut berpesan agar para siswa berjuang sekuat tenaga untuk membawa pulang hasil terbaik.

“Kalian berjuang bukan lagi atas nama pribadi atau sekolah, tetapi membawa nama Indonesia. Maka bawa pulang medali emas,” kata Hamid, Selasa (07/11/2017).

IOAA ke-11 akan diikuti oleh 48 tim dari 48 negara yang berasal dari benua Asia, Eropa dan Amerika. Indonesia sendiri akan diwakili oleh tim yang terdiri atas 5 siswa, 2 team leader dan 1 observer. Kelima siswa tersebut adalah Ahmad Sirojul Millah (MAN Insan Cendekia Serpong, Banten), Mochammad Azmy Adzikiansyah (SMAN 3 Malang, Jatim), Muhammad Dino Wibisono (SMAN 5 Bekasi, Jabar), Muhammad Ikhsan Kusrachmansyah (SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta) dan Yunianti Khotimah (SMA Semesta BBS Semarang, Jateng).

Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud Purwadi Sutanto menjelaskan  proses panjang telah dilalui lima siswa tersebut. Diawali dengan OSN di Palembang pada 2016, kemudian mengikuti rangkaian pembinaan khusus olh tim pembina Olimpiade Astronomi (TPOA) Indonesia di Bandung.

Pembinaan dibagi dalam 3 tahapan, yang kemudian berakhir pada penetapan tim nasional yang dilakukan Agustus 2017. Sebelum keberangkatan para siswa juga mengikuti pembinaan khusus di Bandung sejak akhir Oktober 2017.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!