25 C
Jakarta

Tim Mahasiswa UMS Sabet Prestasi di PIMTANAS

Baca Juga:

 

SOLO,MENARA62.COM – Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil Medali 1 Emas, 2 Medali Perak, 3 Medali Perunggu, dan 1 Juara Harapan dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Tingkat Nasional (PIMTANAS).

Kepala Bagian Penalaran, Kreativitas, dan Softskill Biro Kemahasiswaan UMS, Ir. Muhammad Alfatih, S.T., M.T., menyampaikan Tim UMS pada PIMTANAS berhasil meraih prestasi gemilang pada berbagai bidang.

“PIMTANAS ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 Desember 2022 lalu, pada tahun ini yang menjadi tuan rumah ada 2 kampus yaitu Universitas Muhammadiyah Makassar dan penyelenggaran penutupannya Universitas Muhammadiyah Bone,” ungkap Alfatih, Selasa, (3/1).

Dia menyampaikan, ajang PIMTANAS pesertanya adalah dari tim PKM yang didanai, tetapi mereka tidak lolos sampai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), sehingga diwadahi dalam PIMTANAS ini.

“Setelah ada pengumuman dari PIMTANAS, setiap Tim diminta untuk menyiapkan poster, yang kemudian dilakukan pendampingan oleh dosen pembimbing, pengecekan progress sejauh mana setiap tim membuat power poin dan poster yang di upload ke sistem yang digunakan di PIMTANAS,” papar dosen Fakultas Teknik UMS itu.

Menurutnya, dalam mempersiapkan itu dari semua elemen melakukan koordinasi yang cukup intens. Semua menyiapkan dengan sebaik baiknya, mulai dari tingkat program studi, fakultas, universitas maupun timnya sendiri.

“Apresiasi dari universitas terhadap tim-tim yang menang lomba dalam kompetisi, pasti sudah ditentukan di panduan kemahasiswaan. Bahwa bagi mahasiswa yang berprestasi akan diberikan apresiasi sesuai dengan level capaian yang telah diraih. Seperti di PIMTANAS ini, mahasiswa mendapatkan apresiasi tertinggi, karena ada 85 peserta dari 27 PTMA,” jelasnya.

Dia berharap, PIMTANAS ini bisa menginspirasi terutama di tahun 2023, untuk kembali berkreasi untuk menyiapkan proposal PKM untuk pendanaan tahun 2023. Semua harus mempersiapkan diri dengan matang terutama dalm penyiapan proposal yang akan diajukan, terutama dalam menggali ide ide kreasinya, agar peluang untuk lolos ke PIMNAS lebih tinggi. Sehingga nanti di tahun 2023 meraih medali di PIMNAS dan PIMTANAS, bisa meraih juga.

Mahasiswa Pendidikan Dokter Niatazya Mumtaz Sagita, menyampaikan timnya mendapat informasi perlombaan tersebut pada awal Desember, kemudian hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti poster, laporan akhir, dan power point.

Niatazya menyampaikan persiapannya sebetulnya cukup singkat, tetapi tidak membuatnya terbebani karena sebelumnya sudah dipersiapkan.

“Saya berharapa untuk ke depannya, semoga saya dan tim bisa mempertahankan atau mengembangkan apa yang sudah dicapai sekarang. Selain itu juga manfaat dari penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan untuk penelitian berikutnya,” ungkap nya.

Perolehan tim UMS dalam PIMTANAS tersebut, diantaranya Juara 1 Kategori Poster – PKM RE, Juara 3 Kategori Poster – PKM PM, Juara Harapan Kategori Presentasi – PKM RSH, Juara 2 Kategori Presentasi – PKM RE, Juara 3 Kategori Presentasi – PKM KC, Juara 3 Kategori Presentasi – PKM PM dan Juara 2 Kategori Presentasi – PKM PM. (Fika)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!