30.3 C
Jakarta

UAD, PTS Terbaik se Indonesia 2018

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik pertama di Indonesia tahun 2018 versi Science Technology Index (SINTA). UAD yang memperoleh nilai 11,306 berada pada urutan 11 dari perguruan tinggi negeri dan lembaga penelitian.

“Alhamdulillah UAD dapat menduduki top 10. Kita berada di urutan 11, namun urutan 1 sampai 10 ada LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,red) yang bukan perguruan tinggi. Sehingga kita berada di 10 besar bila digabungkan dengan perguruan tinggi negeri (PTN),” kata Rektor UAD, Dr H Kasiyarno MHum kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (5/6/2018).

Dijelaskan Kasiyarno, SINTA merupakan sistem berbasis web milik Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk pemeringkatan perguruan tinggi dan non perguruan tinggi. Selain itu, SINTA juga digunakan untuk memetakan kepakaran dosen/peneliti dan memeringkat kinerja jurnal nasional dan internasional yang ada di Indonesia.

UAD, lanjut Kasiyarno, berhasil mengalahkan banyak perguruan tiggi negeri. Di antaranya, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Syah Kuala, Universitas Udayana, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Malang, Universitas Andalas dan seluruh perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Secara nasional UAD menempati urutan 10 pada pemeringkatan seluruh perguruan tinggi di Indonesia atau menempati urutan 11 pada pemeringkatan perguruan tinggi dan non perguruan tinggi. “UAD hanya kalah dengan PTN besar seperti UI, UGM, ITB, IPB, Undip, UPI, Unpad, ITS dan UB,” kata Kasiyarno.

Tahun ini UAD juga termasuk 10 besar perguruan tinggi Indonesia berdasarkan jumlah sitasi menurut Google Scholar yang ada di pemeringatan SINTA Kemenristekdikti. “UAD menempati peringkat ke delapan dan menjadi peringkat terbaik di antara PTS se Indonesia,” tandasnya.

Sedang pada Top 50 Dosen/Peneliti terbaik se Indonesia 2018, UAD mencatatkan Tole Sutikno ST MT PhD MIET yang berada di peringkat 26 nasional. Untuk Top Ten Jurnal Terbaik, Jurnal UAD Telkomnika Telecommunication Computing Electronics and Control menempati urutan pertama di antara seluruh jurnal yang dikelola PTN/PTS.

Menurut Tole Sutikno, Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UAD pemeringkatan melalui SINTA meningkatkan nilai positif bagi kinerja dosen untuk melakukan penelitian. “Kita sudah menyalib Singapura, per Mei lalu. Dampak dipampangnya informasi ini mendorong dosen berkarya nyata,” kata Tole.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!