27.3 C
Jakarta

UMS Jadi Tuan Rumah SILAT APIK-PTMA 2024 ke-3

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Melibatkan seluruh Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi di bawah Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA), tahun ini Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dipilih menjadi tuan rumah Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Studi Ilmu Komunikasi-Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (SILAT APIK-PTMA) 2024.

Wakil Ketua Acara SILAT APIK-PTMA 2024, Nieldya Nofandrilla, S.E., M.A., memaparkan bahwa penunjukan UMS sebagai tuan rumah SILAT APIK-PTMA 2024 sudah sejak tahun lalu.

“Penunjukannya secara diskusi, dipilih bagi perguruan tinggi yang siap untuk menjadi tuan rumah dan menerima tamu dari PTMA seluruh Indonesia,” papar Nieldya saat jumpa pers yang diselenggarakan di Dapur Solo Hj. Indrat (Edutorium UMS), Selasa (27/2).

Dalam kesempatan yang sama, Agus Triyono, M.Si., sebagai Ketua Acara SILAT APIK-PTMA 2024 memaparkan bahwa total peserta yang berpartisipasi dalam acara tersebut sebanyak 240 dari 27 PTMA seluruh Indonesia.

“Peserta kegiatan ini terdiri dari 170 mahasiswa dan 70 peserta dari dosen,” papar Agus.

Pada hari pertama, peserta mahasiswa akan dimulai dengan workshop di kelas selama 90 menit, kemudian para mahasiswa akan diarahkan menuju beberapa titik kebudayaan solo.

Pada hari ke dua, peserta mahasiswa akan diajak City Tour, terutama mengunjungi Lokananta Records, Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta.

“Karena salah satu hal yang terpenting yaitu untuk melihat potret perkembangan rekaman di Indonesia,” jelas Agus.

Di hari ke dua, peserta dosen akan diajak menuju desa binaan kampung edukasi Prodi Ilmu Komunikasi UMS yang sudah dirintis selama 2-3 tahun, yang berada di Kecamatan Cepogo, Boyolali.

“Di sana akan dilakukan sharing pengelolaan desa wisata, pemberdayaan masyarakat, serta kontribusi yang diberikan UMS sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi,” lanjutnya.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UMS, Sidiq Setyawan, M.I.Kom., juga turut menjelaskan bahwa tujuan utama diadakan acara tersebut sebagai sarana kolaboratif Program Studi Ilmu Komunikasi antar PTMA untuk saling bersinergi dalam menciptakan luaran yang kolektif.

“Untuk meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik,” lanjut Sidiq.

Rangkaian acara SILAT APIK-PTMA 2024 meliputi Pembukaan, Kongres, Workshop, Kompetisi, dan ditutup dengan Awarding. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!