30.4 C
Jakarta

UNIMMA Tuan Rumah PSM PTMA Nasional V

Baca Juga:

 

MAGELANG, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa (PSM) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) Nasional V. Perhelatan pekan seni nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerja sama dengan Majelis Diktilitbang  PP Muhammadiyah ini berlangsung pada  Jum’at-Ahad (17-19/12).

PSM  PTMA dengan tajuk “Membangun Kreativitas dalam Berinovasi di Bidang Seni pada Masa Pandemi” dilakukan secara daring melalui ruang temu virtual. Adapun peserta perlombaan menyasar pada seluruh mahasiswa PTMA se-Indonesia. Beberapa jenis perlombaan yang ditawarkan di antaranya lomba Qiro’ah, lomba baca puisi, lomba musikalisasi puisi, lomba menyanyi tunggal pop Islami, lomba vocal grup, lomba band, lomba gerak dan lagu, lomba penciptaan lagu, dan lomba monolog. Dalam rangkaian acara PSM PTMA juga dimeriahkan dengan  pergelaran seni eksibisi dan dialog seni budaya pada hari penutupan.

Pembukaan PSM PTMA yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 UNIMMA dihadiri oleh PP Muhammadiyah, Majelis Diktilitbang, PDM dan PDA Kota Kabupaten Magelang, Rektor PTMA dan pimpinan UNIMMA. Prof, Dr. H.M. Jandra, M.Ag, Ketua Panitia LSBO PP Muhammadiyah dalam laporannya menyampaikan lomba nasional dengan tujuan memberikan wadah kreasi, kreativitas dan inovasi bagi mahasiswa serta mengembangkan ekspresi sesuai norma berbasis budaya negara ini, sejatinya dilaksanakan secara luring dan sudah dimulai sejak 2012. Namun, pandemi covid-19 yang belum usai tak membuat semangat melaksanakan PSM. “Acara PSM PTMA sudah berlangsung 4 kali dan tahun 2021 merupakan kali ke-5. Kondisi wabah pandemi covid-19 seperti ini tidak boleh menyurutkan motivasi dan semangat dalam lomba seni. Kreatifitas tidak boleh berhenti karena melalui kreatifitas kita terlihat bernyawa,” ujarnya.

Prof Jandra juga menyebutkan bahwa target peserta tahun ini sebanyak 320 peserta, namun jumlah pendaftar mencapai 504 peserta. “Dengan semangat memberikan ruang kreasi dan inovasi bagi mahasiswa PTMA, PP Muhammadiyah tetap menyelenggarakan PSM dengan mengutamakan keselamatan semua pihak,” tambahnya.

Sambutan rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSi

Sementara itu, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSi.menyambut baik kegiatan tersebut. “Kami sangat merasa gembira dan bangga atas antusias dan animo mahasiswa dari seluruh PTMA di Indonesia. Semoga acara yang diselenggarakan beberapa hari ke depan, akan berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan,” kata Rektor.

Rektor juga berharap mahasiswa dapat berkompetisi dengan sehat dan mengekspresikan kemampuan serta bakat dalam bidang seni yang islami. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Drs. H.A. Dahlan Rais, M.Hum yang memberikan Amanat Ketua PP sekaligus membuka serangkaian lomba. Di akhir acara dilakukan serah terima trophy bergilir dari Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto kepada Rektor UNIMMA sebagai tuan rumah. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!