25.6 C
Jakarta

Universitas Indonesia Kini Miliki Pusat Riset Sosial dan Politik

Baca Juga:

DEPOK, MENARA62.COM – Universitas Indonesia (UI) kini memiliki pusat riset bidang social dan politik dengan diresmikannya Gedung Mochtar Riady Social & Political Research Center, Kamis (2/5). Peresmian gedung berlantai 8 yang dibangun diatas lahan seluas 2.300 meter persegi tersebut dilakukan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir usai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di kampus UI Depok.

Selain CEO Lippo Group Mochtar Riady dan Rektor UI Prof Muhammad Anis, peresmian Gedung Mochtar Riady Social & Political Research Center tersebut juga dihadiri Dekan FISIP UI Arie Setiabudi Soesilo, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MWA UI  Saleh Husin, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Sekjen Menristekdikti Ainum Naim.

“Gedung ini akan menjadi pusat pembelajaran yang dapat digunakan sebagai kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa FISIP UI serta pusat penelitian sosial dan politik UI,” kata Menteri Nasir.

BACA JUGA:

Ia memberikan apresiasi terhadap CEO Lippo Group Mochtar Riady yang memiliki kepedulian dan dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan. Sumbangsih Mochtar Riady dalam dunia pendidikan sudah dilakukan berulangkali, dan kini membangun pusat riset ilmu social dan politik di kampus Fisip UI.

“Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini menjadi momentum bersejarah bagi UI dengan diresmikannya pusat riset bidang sosial dan politik,” kata Nasir.

Ia berharap dengan diresmikannya pusat riset sosial dan politik tersebut, UI akan terus melangkah menjadi universitas dengan riset terkemuka di kancah global.

Mochtar Riady mengatakan globalisasi telah mendorong kemajuan yang sangat pesat dibidang ilmu social dan politik. Sebagai universitas terkemuka, UI harus terus mengasah kemampuan risetnya sehingga menjadi universitas terdepan baik dikancah nasional maupun global.

“Untuk itu tentu membutuhkan fasilitas yang baik dan lengkap. Kehadiran gedung pusat riset bidang social dan politik ini diharapkan memperkuat visi misi UI menjadi universitas terbaik,” jelas Mochtar.

Ia mengaku sangat berbahagia bisa berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Sebab hanya melalui pendidikan yang baik, Indonesia dapat terus berkembang dan maju.

Kepedulian dan dedikasi pria pendiri Lippo Group tersebut terhadap dunia pendidikan terutama UI sudah lama dilakukan. Terutama saat terpilih menjadi Ketua Wali Amanat UI tahun 2002. Pada saat itu Mochtar Riady mencanangkan tiga program riset unggulan UI yakni Nanotechnology, Genome dan ICT (Information & Communication Technologies).

Sementara itu Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Mochtar Riady atas dukungannya terhadap pembangunan pusat riset ilmu sosial dan politik. UI sebelumnya telah memiliki Pusat Riset untuk Kesehatan yaitu IMERI di FKUI Salemba; Pusat Riset untuk Sains Teknologi : Lab Sains dan Multidisiplin UI-Pertamina di FMIPA UI.

“Dan kini semakin lengkap dengan kehadiran Pusat Riset untuk Sosial Humaniora,” kata Rektor.

Gedung Mochtar Riady Social & Political Research Center tersebut akan menjadi pusat pembelajaran yang dapat digunakan sebagai kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa FISIP UI serta pusat penelitian sosial dan politik UI.

Bersamaan dengan peresmian Gedung Mochtar Riady Social & Political Research Center, dilakukan pula Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Penyelenggaraan Program Mata Kuliah Onlineantara Universitas Terbuka dengan 10 Perguruan Tinggi Negeri dan Penandatanganan Prasasti ULT Sentra Informasi dan Pelayanan Publik UI.

BACA JUGA:

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!