25.2 C
Jakarta

4 Tokoh Raih Penghargaan Pahlawan Inspiratif Versi RRI

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) menggelar malam Apresiasi Budaya untuk Pahlawan Versi RRI, Selasa (30/11/2021). Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Abdulrahman Saleh Gedung RRI Jakarta tersebut digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2021.

Direktur Program dan Produksi LPP RRI sekaligus penanggung jawab kegiatan, Soleman Yusuf, mengatakan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah bukti nyata jasa pahlawan. Mereka telah berkoban jiwa raga, harta benda untuk kemerdekaan negeri ini. “Semoga kita tidak abai dengan para pahlawan,” katanya

Pahlawan tidak hanya mereka yang gugur memperjuangkan kemerdekaan. Menurut Soleman, selama pandemi Covid-19 banyak sekali pahlawan-pahlawan yang berguguran mengorbankan nyawa untuk berjibaku mengatasi pandemi. Terutama mereka yang bekerja langsung bersentuhan dengan penanganan pasien seperti tenaga kesehatan (Nakes).

“Sekitar 730 Nakes kita gugur selama pandemi. Mereka adalah para pahlawan yang sudah berani ambil risiko untuk menangani pandemi,” lanjut Soleman.

RRI diakui Soleman selama pandemi telah banyak melakukan program-program yang melibatkan seluruh stasiun RRI di berbagai wilayah Indonesia. Program-program tersebut membuktikan bahwa DNA manusia Indonesia adalah pahlawan. Misalnya pembelajaran lewat siaran RRI yang telah melibatkan lebih dari 17850 sekolah.

Sebagai ungkapan terimakasih kepada mereka yang telah banyak berkiprah baik terhadap masyarakat, lingkungan maupun kemanusiaan, RRI menganugerahkan kegiatan apresiasi Budaya untuk Pahlawan. Ada tiga kategori dalam pemilihan pahlawan inspiratif versi RRI tersebut yakni Tokoh Keragaman, kategori Karya Seni Inspiratif, dan kategori Tokoh Pembangkit Kewirausahaan.

Adapun tiga peraih Penghargaan Pahlawan masing-masing diterima oleh KH. Abdul Muhaimin dari Yogyakarta untuk kategori Tokoh Keragaman. Lalu Ni Nyoman Tjandri dengan Tari Arja Bali meraih kategori Karya Seni Inspiratif. Lalu untuk kategori Tokoh Pembangkit Kewirausahawan diraih oleh Gestianus Sino dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Selain tiga kategori tersebut, Anugerah Khusus Pahlawan Inspiratif 2021 juga diberikan RRI kepada Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc l, Ph.D dan Kepala BNPB Doni Monardo. Keduanya terpilih karena dedikasi dan pengorbanan serta waktu yang tak kenal lelah dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Para tokoh tersebut dipilih oleh tiga dewan juri yang merupakan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP Romo Benny Susetyo, Dekan Fakultas Islam Nusantara Unusia Jakarta Dr. Ahmad Suaedy, dan Ahli Patologi Sosial Ester Jusuf. Mekanisme pemilihannya melibatkan seluruh RRI di daerah dengan dikoordinir oleh 17 koordinator wilayah (korwil) RRI di Indonesia.

Selain itu, perhelatan Anugerah Pahlawan Inspiratif Versi RRI dimeriahkan sejumlah artis nasional seperti Iwan Fals, Marcell, Sarah Fajira, dan Pandji Pragiwaksono serta juara bintang radio Dorkas, Yollanda, dan Hasca Safira, diiringi dengan band dari Dwiki Dharmawan.

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!