27.5 C
Jakarta

‘Aisyiyah Surakarta Adakan Pelatihan Hidroponik

Baca Juga:

 

BOYOLALI, MENARA62.COM– Pandemi Covid-19 sampai pada hari ini masih menjadi wabah penyakit yang angka penyebarannya cukup tinggi. Berbagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan selama masa pandemi telah dilakukan agar dapat bertahan di masa-masa sulit seperti sekarang ini.
Dengan memperhatikan kondisi tersebut, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) bersama dengan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta melakukan upaya untuk memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah dan juga peningkatan ketahanan pangan keluarga melalui program Pelatihan Hidroponik untuk Warga ‘Aisyiyah Kota Surakarta dari setiap Cabang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 2 Oktober 2021 yang diikuti kurang lebih 38 peserta. Untuk kegiatan pelatihan hidroponiknya sendiri bekerja sama dengan Azalea Farm yang ada di daerah Tlatar Boyolali untuk kemudian mendapatkan pelatihan langsung dari pemilik Azalea Farm.

Ada beberapa macam sayur-sayuran yang ditanam di lahan Azalea Farm, seperti : sayur Selada, Bayam Brazil, Daun Mint, Sawi, Bawang merah, Bawang Putih, daun Mint dan masih banyak lagi. Tidak hanya hidroponik saja, di Azalea Farm juga terdapat budidaya ikan Lele untuk kemudian dibuat Aquaponic di atas budidaya lele tersebut.

Ibu Rina yang merupakan owner Azalea Farm mengatakan bahwa kegiatan penanaman hidroponik dilakukan kurang lebih selama satu tahun pada saat masa pandemi, selain untuk melakukan kegiatan positif selama masa pandemi juga untuk peningkatan ketahanan pangan keluarga dan masyarakat di sekitar Azalea Farm.

Peserta pelatihan hidroponik masing-masing diberikan kit hidroponik untuk dapat dipraktekkan di rumah masing-masing. Dalam penyampaian Rencana Tindak Lanjut, Ibu Mulyaningsih selaku Ketua LLHPB PDA Kota Surakarta berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi kesibukan positif ibu-ibu ‘Aisyiyah dan dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga dalam lingkup kecil.

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud nyata betapa ‘Aisyiyah masih selalu melakukan misi kemanusiaan di masa pandemi salah satunya melalui kegiatan Pelatihan Hidroponik. Dia juga memberikan kalimat penyemangat kepada peserta pelatihan. “ Mantap berMuhammadiyah, mantap juga ber’Aisyiyah,” Ucapnya dengan penuh semangat. (Anind)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!