27.5 C
Jakarta

Alhamdulillah! Prodi PPKN dan POR UMS Raih Akreditasi Unggul

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tambah dua Program Studi (Prodi) yang mendapatkan akreditasi Unggul di antaranya Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) serta Prodi Pendidikan Olahraga (POR) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Hal ini mengacu pada Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) 214/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024 untuk Prodi PPKN dan 248/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024 untuk Prodi POR.
Ketua Prodi PPKN, Wibowo Heru Prasetyo, Ph.D., menyebutkan dalam mempertahankan akreditasi Unggul Prodi PPKN menyusun program kerja tahunan yang mengacu pada instrumen akreditasi nasional dibawah LAMDIK. Dia juga menambahkan setiap program kerja berbasis pada Key Performance Indicator (KPI), dengan demikian dapat dilakukan pemantauan secara berkala.
“Proses akreditasi yang telah dipersiapkan selama setahun belakang ini dimulai dengan pembentukan Tim Task Force, Pendampingan dari Lembaga Jaminan Mutu (LJM) dan Gugus Penjaminan Mutu (GJM) dan Unit Penjamin Mutu (UJM) FKIP sebagai fasilitator, dilanjut dengan mengunggah borang akreditasi, persiapan bukti fisik, dan pelaksanaan asesmen lapangan,” jelasnya.
Prodi PPKN UMS telah mencatatkan status akreditasi terbaik lima kali berturut-turut, dengan memiliki rekam jejak kinerja dosen dan reputasi alumni yang tercatat baik nasional maupun Internasional. Dengan ini Wibowo dengan tegas menyatakan bahwa Prodi PPKN UMS mampu menjadi pilihan tepat bagi calon mahasiswa, mahasiswa, dan alumni.
“Masyarakat dan calon mahasiswa perlu mempertimbangkan Prodi yang berkualitas sebagai pilihan untuk melanjutkan Pendidikan. Prodi PPKN telah meraih status akreditasi terbaik lima kali berturut-turut dengan rekam jejak dosen dan reputasi alumni hingga ke mancanegara, dengan berbagai macam prestasi mahasiswa,” ujar Wibowo.
Tidak jauh berbeda dengan Prodi POR UMS, menurut Nur Subekti, M.Or., selain civitas akademika, Tim Task Force juga melibatkan mahasiswa demi menciptakan tim yang solid dalam rancangan persiapan akreditasi. Subekti menjelaskan bahwa Prodi POR UMS masuk ke dalam program Akselerasi Akreditasi dalam meningkatkan status dari B (Baik) menuju Unggul. Hal ini tentu menjadi komitmen Prodi POR dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan POR UMS menjadi pilihan berkualitas untuk melanjutkan Pendidikan bagi calon mahasiswa yang tertarik pada bidang olahraga.
“PMB POR UMS selama ini sudah konsisten dan selalu memenuhi kuota, sehingga tentunya masyarakat semakin yakin pada UMS,” jelas Subekti.
Untuk info selanjutnya mengenai Prodi PPKN Calon Mahasiswa Baru dapat mengklik linktr.ee/ppkn_ums dan untuk Prodi POR ums.id/Prodi-Pendidikan-Olahraga-UMS, atau kunjungi laman pmb.ums.ac.id. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!