30.7 C
Jakarta

Alhamdulillah, Tim Robot RR EL Ganador UMS Raih Juara di Ajang KRI 2022

Baca Juga:

 

SOLO, MENARA62.COM – Tim Robot RR EL Ganador Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mampu mendapatkan juara dua pada Kontes Robot Indonesia 2022 tingkat nasional pada Ahad (3/7) di Institut Sepuluh November Surabaya (ITS).

Tim Robot RR EL Ganado ini berhasil meraih kemenangan pada kategori Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Adapun tim ini terdiri atas Afif Fahruddin Aufa, Muhammad Rafi Nur Romadhon, Naftali Virgiawan Baruna Dewa dan Setya Adi Darna dengan didampingi oleh dosen pembimbing dari program studi teknik elektro Umi Fadlilah, S.T., M.Eng.

Ketua tim El Ganador mengungkapkan bahwa timnya merasa sangat berbangga karena mampu mempersembahkan prestasi untuk Universitas Muhammadiyah pada kompetisi robot nasional di tahun ini.

Tim Robot RR EL Ganador Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mampu mendapatkan juara dua pada Kontes Robot Indonesia 2022 tingkat nasional pada Minggu (3/7) di Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

“Bangga ! Kami berhasil meraih dan mempersembahkan prestasi di ajang KRI 2022 tingkat nasional,” menurut ketua Tim Afif Fahruddin Aufa.

Pada perlombaan kali ini Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya meraih juara 1, Universitas Muhmamdiyah Surakarta (UMS) meraih juara 2, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih juara 3 dalam Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Selain itu pada kompetisi sebelumnya di tingkat regional, tim El Ganador awalnya hanya meraih posisi ke tiga di wilayah dua namun kali ini berhasil meraih juara 2 nasional di ajang KRI.

Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) 2022 memainkan aturan sama dengan KRTMI 2021, yaitu permainan tradisional Dam-daman, yang diterapkan dengan mengadopsi teknologi Digital-Twin. Permainan antara dua tim yang menggerakan robot di lapangan fisik untuk memindahkan koin di lapangan digital.

Kompetisi robot di tingkat Nasional tahun ini menggunakan sistem gugur, sehingga apabila tim tidak memperoleh kemenangan, maka akan meninggalkan tempat lomba sejak awal. El Ganador berhasil sampai ke puncak final setelah mengalahkan Temcros dari Politeknik Negeri Sriwijaya, Botema dari Politeknik Negeri Malang dan Ganesis dari Institut Teknologi Bandung. (*)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!