27.3 C
Jakarta

AMD dan Universitas AMIKOM Paparkan Perkembangan Teknologi Komputer

Baca Juga:

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Perusahaan komputer AMD bersama Universitas AMIKOM Yogyakarta memaparkan perkembangan teknologi komputer. Acara yang digelar di Kampus Universitas AMIKOM Yogyakarta, Senin (4/3/2024), menghadirkan Brando Lubis, Commercial Lead AMD Indonesia dan Arief Setyanto, SSi, MT, PhD, Wakil Rektor 4 Bagian Kerjasama Nasional dan International.

Brando Lubis menjelaskan AMD telah melakukan inovasi Prosesor Mobile dan CPU Data Center AMD Kelas Dunia Terdepan. “Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series Mobile terbaru menghadirkan performa “Zen 4” yang canggih dan mesin dedicated AI Ryzen™ untuk laptop bisnis Windows 11 dari vendor PC terkemuka termasuk HP dan Lenovo,” kata Brando Lubis.

Selain itu, kata Brando, prosesor desktop AMD Ryzen™ PRO 7000 Series menghadirkan kinerja dan efisiensi terdepan untuk pekerjaan mendatang. Sedangkan prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat yang baru menawarkan performa terdepan dalam komputasi cloud native dan teknis.

Lebih lamjut Brando menjelaskan di era digital saat ini, proses bisnis yang berjalan di segala sektor mulai dari manufaktur, kesehatan, pendidikan, hingga layanan publik tentu tak asing lagi dengan Artificial Intelligence (AI) sebagai salah satu pendorong dalam era transformasi industri. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi AI telah memberikan dampak signifikan tak terkecuali di Indonesia.

Pada implementasinya, diperlukan integrasi proses bisnis dan sistem termasuk sumber daya dan teknologi sehingga transformasi AI pun menjadi optimal.
AI juga membawa manfaat bagi dunia pendidikan dan merupakan langkah awal yang penting baik bagi pengajar maupun siswa. “Pemahaman sejak dini tentang AI dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang akan berdampak positif dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan,” kata Brando.

Universitas AMIKOM Yogyakarta, tambah Brando, menjadi universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5. Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk laboratorium minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. “Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai laboratorium bertenaga prosesor AMD,” kata Brando.

Sementara Arief Setyanto menjelaskan penggunaan teknologi komputer di AMIKOM fokus pada penelitian berbasis prosesor, salah satunya AMD. Sudah ada beberapa penelitian yang dibeayai perguruan mitra dari Eropa. “Kita telah menjalin kerjasama dengan 41 universitas dari 14 negara yaitu dari Eropa, Australia dan Brazil,” kata Arief Setyanto.

Saat ini, Universitas AMIKOM Yogyakarta sedang melakukan riset bekerjasama dengan perguruan tinggi di Amerika Serikat mengumpulkan resources bahasa lokal di Indonesia. “Di Indonesia, ada 1.700 bahasa lokal. Bila tidak terdokumentasi, bahasa tersebut dikhawatirkan akan hilang. Penelitian ini membutuhkan prosesor yang memiliki kemampuan tinggi,” kata Arief.

Universitas AMIKOM Yogyakarta, tambah Arief, juga sedang mengembangkan Flying Robot yang dapat mendukung sektor pertanian. Saat ini, Flying Robot yang dikembangkan baru mendeteksi buah masak, penyemprotan hama agar tanaman bisa tumbuh subur. “Agar robot bisa terbang dibutuhkan presesor kecil dan ringan, tetapi berkemampuan besar,” jelas Arief. (*)

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!