32.7 C
Jakarta

Arniza Nilawati Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Bersama KPM PKH Kecamatan Jakabaring

Baca Juga:

Palembang, menara62.com –  Dalam rangka penguatan nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan diperlukan berbagai upaya yang melibatkan seluruh komponen bangsa. Termasuk yang dilakukan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Arniza Nilawati, S.E., M.M.

Anggota DPD RI dan MPR RI asal Sumatera Selatan ini menggelar mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan yang bertema “Mempererat Ikatan Persatuan Indonesia dengan Empat Pilar Kebangsaan” bersama KPM PKH Kecamatan Jakabaring Palembang dengan narasumber Daryono, S.Kom., pada Selasa (13/9/2022) yang bertempat di Aula Gedung DPD RI Sumsel.

Dalam forum tersebut Arniza Nilawati menyampaikan bahwa Empat Pilar dari konsepsi kenegaraan Indonesia tersebut merupakan prasyarat minimal, di samping pilar-pilar lain, karena bagi bangsa ini untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri.

Setiap penyelenggara negara dan segenap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan, bahwa itulah prinsip-prinsip moral keindonesian yang memandu tercapainya perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Maka dalam konteks ini, Arniza Nilawati menilai diperlukan perbincangan yang membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan menjadi penting. Sebab, nilai-nilai tersebut adalah warisan jenius pendiri bangsa yang menjadi perekat untuk memastikan ekosistem keseimbangan antara kepentingan individu dan kolektif dan menjadi perekat ikatan persatuan dan kesatuan bangsa.

Lebih lanjut Arniza Nilawati menjelaskan bahwa Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan nilai-nilai kebangsaan yang sejatinya harus mampu memandu dan menjawab segala macam tantangan dinamika kehidupan bangsa.

Termasuk menurutnya saat menghadapi tantangan pasca pandemi Covid-19, yang telah membawa perubahan drastis dan dramatis dalam segala aspek kehidupan bangsa. Agar kehidupan berbangsa dan bernegara tidak goyah oleh pengaruh globalisasi dan goncangan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai.

Sehingga seluruh komponen bangsa termasuk KPM PKH Kecamatan Jakabaring Kota Palembang wajib memahami, menghadirkan, menginternalisasi dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dalam semua aspek kehidupan termasuk dalam memasuki peradaban baru, yang disebut era new normal.

Arniza Nilawati juga menekankan bahwa tantangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa saat ini semakin kompleks dan merambah hampir semua sektor kehidupan. Tiga krisis yang dihadapi saat ini yaitu medis (epidemi itu sendiri), ekonomi (yang terpukul keras apapun dampak epidemi) dan psikologis akan terus terakumulasi.

Biasanya dalam perhelatan demokrasi khususnya dalam perhelatan pemilu serentak tahun 2024 potensial menjadi pemicu konflik di tengah perbedaan pilihan politik. Untuk menghindari potensi konflik dan perpecahan di tengah masyarakat, maka penguatan nilai-nilai kebangsaan menjadi benteng perdamaian dan kerukunan.

“Sosialisasi nilai-nilai kebangsaan harus terus digalakkan. Diharapkan kedepannya kegiatan tersebut bermuara pada solusi atas tantangan yang dihadapi bangsa saat ini dan di masa mendatang” tambahnya.

(RZP/Riil)

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!