32.2 C
Jakarta

Begini Cerita Siswi SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Bisa Raih Juara Pembuatan Komik Digital dalam Ajang FLS2N 2024

Baca Juga:

SOLO, MENARA62.COM – Hilmya Kinan Mumtaza, adalah siswi kelas XI di SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta yang memiliki kemampuan membuat komik. Siswi yang berusia 17 tahun ini sejak kecil memang menyukai komik. Kinan, nama panggilan sehari-hari di sekolah adalah putri dari Saiful Hadi dan dia tinggal bersama kedua orang tuanya di  Mojolaban, Sukoharjo.

“Sejak dari SD, saya suka membaca komik. Sejak kecil memang saya senang menggambar dan bercerita,” ujar Kinan membuka obrolan saat wawancara, Jumat (03/05/2024).

Kinan adalah sosok siswi berprestasi dalam pembuatan komik digital dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional 2024 (FLS2N) jenjang SMA/MA di kota Surakarta yang diumumkan pada 30 April 2024 di Surakarta.

Saat ditanya terkait persiapan sebelum lomba, Kinan awalnya mengaku coba-coba untuk ikut berpartisipasi dalam lomba FLS2N karena memang diajak oleh teman dan Kinan juga ingin menambah pengalaman dalam berkompetisi sekaligus mengasah minat bakat di bidang pembuatan komik.

“Kemarin saat lomba komik digital FLS2N, aku membuat komik bertema tentang merdeka berprestasi, talenta seni menginspirasi,” ujar Kinan. Tema ini mengarah pada kurikulum merdeka belajar yang sedang berlangsung saat ini, di mana, siswa diberikan kebebasan untuk berkarya di berbagai bidang, termasuk bidang seni dalam hal pembuatan komik yang berbasis digital.

Menurut Kinan, komik bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak karena bukan hanya tulisan yang memuat pesan moral, tetapi cara penyampaian pesan komik dengan gambar, akan membuat anak-anak lebih menarik untuk membaca dan meresapi pesan moral yang disampaikan. “Yang jelas, alur cerita harus mudah dipahami dan gambar yang dibuat juga harus bagus. Inilah tantangan bagi teman-teman yang ingin membuat komik,” kata Kinan.

Saat ditanya bagaimana perasaan ketika mendapatkan juara pertama dalam ajang lomba tersebut, Kinan mengaku kaget sekaligus senang. Dia ada keinginan untuk terus berlatih dan mengembangkan minat bakat dalam pembuatan komik agar bisa menginspirasi teman-teman yang lain.

Sebagai penutup wawancara, Kinan memberikan pesan dan saran bagi teman-teman lain yang tertarik membuat komik. “Selain keahlian menggambar, membuat komik juga perlu keahlian menulis. Jadi saranku coba minta pendapat, saran, dan tanggapan dari orang lain juga,” ujarnya.

Kemudian dia juga memberikan motivasi kepada teman-teman lain untuk  tetap konsisten dan jangan capek untuk belajar tentang dunia komik lebih dalam lagi. (*)

 

 

 

 

 

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!