25.9 C
Jakarta

BPSDMP adakan Kuliah Umum tentang Kebijakan Transportasi Nasional dan IKN

Baca Juga:

JAKARTA, MENARA62.COM — Dalam rangka mengembangkan wawasan terkait pentingnya peran sumber daya manusia (SDM) guna mewujudkan transportasi Indonesia yang maju, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) kembali menggelar Kuliah Umum secara virtual pada Rabu (10/2/2021). Kuliah Umum kali ini menghadirkan narasumber Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Dr. Djoko Sasono dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, Dr. Umiyatun Hayati Triastuti. Mengusung tema “Peran SDM dalam Mewujudkan Transportasi Indonesia yang Maju”, Kuliah Umum yang  dilakukan secara virtual dipandu oleh Direktur Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Amirulloh, S.SiT. M.MTr.
Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang menyatakan bahwa Pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu prioritas yang paling utama. Sumber Daya Manusia yang ingin dibangun adalah SDM yang dinamis, pekerja keras, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki semangat untuk membangun Bangsa Indonesia untuk lepas dari jebakan negara menengah.
“Menteri Perhubungan Republik Indonesia juga terus mendorong BPSDMP untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas pendidik, serta meningkatkan kualitas lulusan dalam rangka menyediakan SDM yang memiliki kompetensi dalam rangka mewujudkan transportasi Indonesia yang maju,” ungkap Sugihardjo.
Ia juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Narasumber yang telah berkenan menyempatkan waktunya untuk menyapa dan membagikan ilmu pengetahuan kepada para seluruh Civitas Akademika Perguruan Tinggi di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.
“Saya harap dalam kesempatan ini Taruna dan civitas akademika di lingkungan BPSDMP tidak hanya menerima materi, namun juga dapat menggali dan memperlajari hal-hal apa saja yang harus disiapkan agar mampu menjadi SDM yang unggul,” tambah Sugihardjo.
Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan saat memberikan Kuliah Umum menyampaikan bahwa para Taruna di lingkungan BPSDMP merupakan generasi penerus yang akan mewujudkan Indonesia Maju 2045 khususnya di sektor transportasi. Ia juga mengapresiasi dan memotivasi para Taruna yang telah memilih untuk menempuh pendidikan di sekolah-sekolah BPSDMP dan menjadi calon insan transportasi yang unggul.
“Menjadi insan transportasi harus dilandasi dengan rasa kawelasan karena kita akan melayani masyarakat, tak hanya itu taruna wajib mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi insan transportasi yang unggul, tangguh, kompeten dan berdaya saing agar mampu mewujudkan transportasi Indonesia yang maju,” ungkap Djoko.
Selanjutnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan menyampaikan bahwa di awal masa kepemimpinan periode kedua Presiden mengungkapkan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan. Dengan konsep Ibu Kota yang mencerminkan Bhineka Tunggal Ika serta smart city, green city, serta sustainable city.
“Dalam mewujudkan IKN dengan konsep sustainable mobility sesuai arahan Presiden dibutuhkan SDM yang kompeten, khusunya di bidang transportasi untuk bisa mewujudkan konektivitas di IKN dimana masyarakat diharapkan menggunakan angkutan umum untuk mobilitas sehari-harinya,” ungkap Hayati. (*)
- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!