25.9 C
Jakarta

Dago Wisata, Penyelenggara Umroh Terpercaya

Baca Juga:

 

Oleh : Ace Somantri

BANDUNG, MENARA62.COM – Sudah cukup dewasa usia Dago Wisata Internasional sebagai penyelenggara haji dan umroh, serta wisata domestik maupun internasional. Promosi terus dilakukan untuk memberi informasi pada publik, khususnya masyarakat muslim. Sebagai salah satu warga Bandung sekitarnya, pernah beberapa kali melihat billboard cukup besar terpampang iklan promosi Dago Wisata Internasional mengajak warga muslim umroh, dengan strategi marketing yang gencar dan menyebar di berbagai media membuat popularitas penyelenggara umroh yang berkelas.

Dengan visi dan misi sederhana, usaha jasa pelayanan umroh dan wiasata lainnya sangat banyak diminati warga muslim di kota Bandung, bahkan di luar kota Bandung pun ternyata sangat banyak peminatnya. Apa lagi sekarang ini duta iklannya tidak tanggung-tanggung dr. Aisyah Dahlan yang viral di media sosial, seorang sosok dokter yang sangat faham hal ihwal dunia pendidikan Islami dalam keluarga. Kehadirannya, semakin menambah keyakinan para jamaah muslimah umroh yang ikut di travel haji dan umroh Dago Wisata.

Beberapa kali mampir di kantornya, memang ukuran perkantoran tidak besar layaknya perusahaan industri jasa berskala multinasional. Namun, siapa sangka dibalik kecilnya kantor administrasi ternyata setiap saat memberangkatkan jamaah umroh selalu lebih dari 200 jamaah laki dan perempuan. Bahkan pernah memberangkatkan jamaah umroh menyentuh ke angka 500 jamaah, semoga respon jamaah yang dilayani terus membaik.

Mohon hati-hati juga, ada beberapa oknum penyelenggara travel haji umroh yang melakukan tindakan penyelewengan, baik itu gagal amanah dan atau penipuan. Tidak sedikit oknum travel berkedok umroh atau wisata religi, memaanfaatkan momentum antri haji reguler yang antri mengular hingga menunggu puluhan tahun baru mendapatkan panggilan dari kementerian agama RI. Namun, gempuran menjamurnya travel haji umroh tetap menarik dan seksi untuk industri jasa wisata religi. Hal yang lumrah, oknum travel tidak akan pernah jera karena itu karakter, yang paling penting para calon jamaah untuk tetap selektif memilih travel haji dan umroh, jangan asal berijin lengkap melainkan harus memilih travel haji umroh bereputasi yang memiliki portopolio baik dan unggul. Dan juga memiliki jam terbang tinggi mengelola travel haji umroh terpercaya dimata masyarakat luas dengan jumlah alumni jamaah ribuan tiap tahunnya tanpa cacat amanah.

Di antara sekian ratusan deretan travel haji umroh di Indonesia, ada travel haji umroh di Bandung kota Paris van Java yaitu Dago Wisata Internasional Travel Haji dan Umroh yang berlokasi kantor admnistrasi di Jl. Puter sekitar wilayah Gasibu. Ternyata walaupun baru berdiri belasan tahun yang lalu, Travel Dago Wisata Internasional tetap berdiri tegak walaupun sempat diguncang covid-19 selama 2 (dua tahun lebih). Menurut informasi yang dapat dipertanggungjawabkan tingkat kepuasan jamaah terhadap pelayanannya menyentuh ke angka rata-rata 85 % merasakan kepuasan, malahan kualitas pembimbingan jamaah menyentuh ke angka rata-rata 95% dan keluhan yang dirasakan menyentuh ke angka rata-rata 8 % dan kepuasan pembimbing hanya 2 %. Sangat luar biasa Dago Wisata Internasional travel Haji dan Umroh, data di atas sesuai informasi data evaluasi quesioner yang disebar ke jamaah selama periode Maret-Desember 2022 tahun lalu.

Kharismatik pembimbing senior KH. Baidhowi yang terlihat sederhana dan santun, serta para pembimbing yunior yang didominasi generasi muda yang kreatif dan energik. Pantas dan wajar bagi tarvel haji dan umroh yang mengedepankan pelayanan prima, tulus dan ikhlas. Karena industri jasa kuncinya adalah pada kualitas layanan atau pelayanan. Dago Wisata Internasional, manajemennya pun sudah memiliki mutu yang terakreditasi oleh institusi audit mutu eksternal yang bereputasi. Evaluasi dan perbaikan nampak terlihat, khususnya pelayanan jamaah mulai dari pembimbingan sejak awal hingga saat pelaksanaan manasik umroh di tanah suci Makkah almukaromah, dan tidak terlewati pelayanan maksimal saat kembali ke tanah air Indonesia.

Manajemen pengelolaan dalam menjalankan amanah dari jamaah umroh semaksimal mungkin. Para pembimbing yang ramah, sabar dan riang membuat para jamaah tetap senang dan bahagia selama manasik umroh. Bahkan ada program rutin yang diselenggarakan pihak manajemen yaitu lokakarya pembimbing Umroh-Haji tiap semester dalam satu tahun kalender. Malahan manajemen memiliki gedung diklat sumber daya manusia yang representatif. Dibawah komando langsung Drs. H. Dodi Sudrajat, operasional strategis dan taktis langsung dimonitor setiap saat pada jam kerja melalui sistem manajemen informasi digital, selama aktifitas berlangsung dalam hitungan menit dapat dimonitor langsung dari jarak jauh dimanapun berada. Kepercayaan publik tidak tanggung-tanggung, selama periode Maret – Desember 2022 menyentuh ke angka 3364 jamaah umroh reguler dan plus.

Perbaikan dan perbaikan terus dilakukan, hal itu untuk demi pelayanan prima pada jamaah. Jelas dan tegas dalam teori, kepuasan pelanggan menjadi kunci kesuksesan sebuah perusahaan baik itu barang ataupun jasa. Terlebih saat ini, Dago Wisata Internasional travel haji dan umroh membuka layanan tambahan atau yang disebut umroh plus. Baik itu plus Turkey, Al Aqsho, Oman, Dubai dan Eropa. Sehingga kualitas pelayanan tidak terjebak pada giden atau muthowif semata karena hal itu merupakan pembimbingan manasik umroh, karena ada plusnya maka harus ada standarisasi kompetensi pembimbing yang dibutuhkan untuk masuk ke negara yang dituju.

Banyak cara melakukan transformasi model dan gaya pembimbingan, bukan hanya untuk kepentingan manasik umroh atau wisata religi melainkan untuk kepentingan pembimbingan ke negara-negara yang dituju. Biasanya, kunjungan studi wisata atau karyawisata mengedepankan orientasi hiburan dan berfoya-foya semata, sementara untuk travel haji dan umroh selain menjalankan syariat ada juga nilai-nilai tadabur alam semesta yang tidak mengurangi rasa syukur yang dinikmati secara visual. Sekali lagi pelayanan prima adalah kata kunci, pelayanan prima ssbuah spirit dan pelayanan prima itu selalu menginspirasi.

Gado-gado penuh cita rasa membuat lidah menjadi pengecap rasa. Blimbing buah blimbing dirujak cuka membuat cita rasa makin terasa. Dago wisata travel haji umroh indah dirasa. Karena para pembimbingnya banyak yang disuka. Wallahua alam.

Bandung, Pebruari 2023

- Advertisement -

Menara62 TV

- Advertisement -

Terbaru!